Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemimpin Negara yang Aktif di Medsos

Kompas.com - 08/02/2017, 07:45 WIB

KOMPAS.com — Media sosial atau medsos, selain menjadi sarana para petinggi negara untuk menuliskan pemikiran, juga mengunggah kegiatan mereka sehari-hari.

Presiden Indonesia Joko Widodo akhir pekan lalu mencoba membuat video blog alias vlog saat menonton pertandingan sepak bola Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta. (Baca: Presiden Jokowi Unggah Vlog Perdana )

Selain Presiden Jokowi, pemimpin negara lain juga memakai media sosial untuk berkomunikasi. Berikut ini daftar para pemimpin negara yang aktif di media sosial, seperti dikutip KompasTekno dari Antara, Selasa (7/2/2017).

1. Justin Trudeau

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau membuat Snapchat Live Stories tanya jawab pada pertengahan Januari lalu. Saat itu, ia sedang mengadakan pertemuan di balai kota Ontario, Kanada.

Ia disebut politikus pertama yang punya Snapchat dan membuat live stories tanya jawab bersama penduduk. Selain Snapchat, kegiatan sang perdana menteri juga dapat dilihat di Instagram @justinpjtrudeau.

2. Narendra Modi

Perdana Menteri India Narendra Modi tidak hanya membagikan pendapatnya melalui Twitter, ia juga menggunakan media sosial untuk mengumumkan kebijakan politik, menanggapi keluhan rakyat, hingga mengeluarkan siaran pers.

Selain Facebook dan Instagram, Modi juga disebut dapat dijangkau melalui jejaring sosial profesi, LinkedIn.

3. Angela Merkel

Kegiatan Kanselir Jerman Angela Merkel bisa disimak melalui akun Instagram @bundeskanzlerin. Akun tersebut berisi kegiatan kenegaraan sang kanselir yang diabadikan resmi oleh fotografer pemerintahan Jerman.

4. Kerajaan Inggris

Ingin melihat jamuan makan resmi bersama Ratu Elizabeth II? Atau kegiatan Pangeran William dan Kate Middleton? Atau aksi Pangeran Harry saat bertemu warga?

Semua bisa disimak di Instagram @theroyalfamily. Akun itu memuat kegiatan keluarga Kerajaan Inggris Raya, termasuk beberapa foto si kecil Pangeran George dan Putri Charlotte.

5. Donald Trump

Presiden ke-45 Amerika Serikat ini dikenal sangat aktif di Twitter lewat akunnya, @realDonaldTrump. Ia kerap menyampaikan pendapatnya, bahkan mengungkapkan kata-kata yang kontroversial.

Setelah resmi dilantik sebagai kepala negara AS, Trump juga aktif berkicau di Twitter lewat akun kepresidenan @POTUS.

Kicauan Trump di akun @POTUS dikelola oleh asisten presiden sekaligus Direktur Media Sosial Gedung Putih, Scavino Jr.

Baca: Kehebohan Presiden Jokowi di Medsos Sepanjang 2016

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com