Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensor "Smartphone" Baru Sanggup Rekam Video Superlambat

Kompas.com - 09/02/2017, 12:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sejumlah smartphone saat ini sudah menyediakan fitur video gerak lambat alias slow motion yang mulus dengan frame rate tinggi. Ke depan, agaknya kecepatan video slow motion di ponsel bakal bisa lebih diperlambat dan lebih mulus.

Ini terlihat dari sensor kamera baru untuk smartphone yang dipamerkan oleh Sony. Sensor dimaksud sanggup merekam video full-HD (1080p) dengan frame rate hingga 1.000 FPS (frame per detik).

Saat diputar kembali dengan kecepatan 15 FPS, hasilnya adalah video dengan gerakan sangat pelan, hingga 64 kali lebih lambat dari normal. Gerakan-gerakan cepat seperti bola bisbol yang mengenai bat pemukul pun bisa dilambatkan dengan halus.

Baca: Perbandingan Kamera Mirrorless, Sony a6500 Vs Fujifilm X-T2

Sebagai informasi, frame rate perekaman video full-HD di smartphone biasanya berkisar di angka 30-60 FPS. Ponsel kelas atas seperti Galaxy S7 dan Google Pixel sanggup merekam video 240 FPS, taetpi resolusinya mesti diturunkan ke HD (720p).

Memiliki konstruksi “3-layer CMOS” dan DRAM berkapasitas besar, sensor dimaksud juga mampu merekam gambar dengan resolusi 19,3 megapiksel dalam 1/120 detik.

Angka itu diklaim empat kali lebih cepat dibandingkan produk konvensional yang ada sejauh ini, sebagaimana driangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (9/2/2017).

Sony sebenarnya sudah pernah mengembangkan kemampuan merekam video superslow motion. Tetapi, sebelumnya fitur ini hanya tersedia di kamera digital kelas atas, seperti seri RX10 dan RX100 bikinan perusahaan Jepang tersebut.

Baca: Sony Perkenalkan Kamera Aksi dengan “Image Stabilizer”

Tidak disebutkan kapan sensor kamera baru ini bakal mulai hadir di smartphone. Selagi menunggu, silakan simak video superslow motion hasil rekamannya di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com