Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Smartphone" Ini Tahan Bor dan Pukulan Palu Besi

Kompas.com - 09/02/2017, 14:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber YouTube

KOMPAS.com — Video pengujian smartphone Leagoo M5 Plus di YouTube menunjukkan layar perangkat yang tahan benturan. Walau dipukul dengan palu dan dibor, layar M5 Plus tetap bertahan, tak tergores, dan berfungsi normal.

Video yang diunggah oleh Leagoo, vendor smartphone asal China, itu diunggah pada 13 Desember 2016 lalu. Video tersebut bertujuan untuk membuktikan ketangguhan layar M5 Plus.

Pertama-tama, layar M5 Plus dipakai untuk memukul kaleng minuman. Dengan layar menghadap ke bawah, M5 Plus dibentur-benturkan ke kaleng kosong itu hingga kaleng terlihat penyok. Layar smartphone terlihat masih mulus dan berfungsi normal.

Baca: Ini Smartphone Tangguh di Daerah Lemah Sinyal

Pengujian kedua lebih ekstrem lagi. Layar M5 Plus dipukul dengan menggunakan kepala palu yang terbuat dari besi. Berkali-kali dipukul, layar tidak menunjukkan gejala retak dan masih berfungsi normal setelahnya.

Lebih lanjut lagi, layar M5 Plus yang bermateri IPS itu kemudian diuji dengan bor listrik. Ujung mata bor menempel di permukaan layar. Saat bor listrik diputar dan ditekan, layar M5 Plus tetap bertahan dan bisa digunakan.

Oleh Leagoo, M5 Plus digadang-gadang sebagai smartphone shock-proof. Pengamatan KompasTekno di situs resmi Leagoo, Kamis (9/2/2017), layar M5 Plus didesain agar tahan terhadap benturan baik yang disengaja maupun yang tidak.

"Layar ini memiliki kekuatan dan daya tahan 70 persen lebih tinggi untuk menghadapi segala situasi dan kondisi," tulis Leagoo. Namun, Leagoo tidak menjelaskan teknologi apa yang dipakai untuk membuat layarnya setangguh itu.

Video pengujian M5 Plus dengan bor dan palu besi bisa ditonton di tautan berikut ini.


Leagoo M5 Plus adalah smartphone 5,5 inci dengan chipset MediaTek MT6737, CPU quad-core 1,3 GHz, GPU Mali-T720 MP2 dual-core, dengan memori RAM 2 GB, dan penyimpanan internal 16 GB. Smartphone ini mengusung kamera utama 12 megapiksel dan baterai kapasitas 2.500 mAh.

Di Malaysia, negara di mana nama Leagoo cukup populer, M5 Plus dijual dengan harga 549 ringgit atau sekitar Rp 1,6 juta.

Baca: Disiksa, Lebih Tangguh iPhone SE atau iPhone 6S?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber YouTube


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com