Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ketik @[4:0] di Facebook Memunculkan Nama Mark Zuckerberg?

Kompas.com - 10/02/2017, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Jika simbol "@" dalam e-mail digunakan untuk memisahkan nama pengguna dengan domain e-mail mereka, maka "@" dalam aplikasi Facebook dan Whatsapp memiliki fungsi yang berbeda, yaitu untuk memanggil atau me-mention teman.

Baru-baru ini, dalam waktu yang berdekatan, muncul dua broadcast berkaitan dengan penggunaan fitur "@" tersebut.

Yang pertama adalah broadcast yang menyebar melalui wall Facebook, jika mengetikkan satu kode khusus lalu tidak memunculkan nama “Mark Zuckerberg” berarti akun Anda perlu di-setting ulang, alias kurang aman.

Ist Broadcast Facebook dimana kode @[4:0] dikatakan untuk memantau keamanan akun.

Pada saat awal munculnya pesan ini, jika Anda mengetikkan @[4:0] di kolom komentar, memang akan otomatis digantikan dengan “Mark Zuckerberg” sekaligus anda mencolek si pemilik Facebook ini.

Namun pernyataan berikutnya yang perlu diwaspadai, karena kebiasaan lama untuk menakut-nakuti pengguna Facebook lain juga dilakukan di sini.

“Jika tidak muncul artinya Anda perlu mengatur setting-an keamanan akun Anda” alias akun Facebook Anda tidak aman. Mungkin tujuannya supaya penerima informasi ini melakukan perintah mengetikkan string yang diminta pada kolom komentar.

Apa sebenarnya yang terjadi?

Lalu sebenarnya apa yang terjadi dan mengapa muncul nama Mark Zuckerberg ketika Anda mengetikkan @[4:0] pada kolom komentar ?

Seperti kita ketahui, sistem program di aplikasi komputer tidak mengenali manusia dengan nama, tetapi dengan angka atau User ID. Jadi setiap pengguna Facebook PASTI memiliki User ID yang unik. Dan User ID untuk Mark Zuckerberg adalah empat.

Soal mengapa angka empat menjadi kode yang dimiliki oleh sang pendiri, Mark Zuckerberg, Anda bisa membacanya di tautan berikut ini.

Ketika anda mengetikkan @[4:0] di kolom komentar, sebenarnya itu adalah perintah untuk mencolek/me-mention (karena diawali dengan “@”) User ID Facebook nomor empat, yang otomatis akan muncul nama Mark Zuckerberg.

Bayangkan bete-nya pemilik akun yang dicolek jika broadcast ini mem-viral dan setiap orang mencolek, dalam waktu singkat dia akan mendapat notifikasi ratusan ribu atau jutaan kali akibat pesan viral tadi.

Menurut pengamatan Vaksincom, programmer Facebook sudah mengakali hal tersebut di atas. Mereka menambahkan spasi secara otomatis antara “@” dengan “[“ setiap kali pengguna Facebook mengetikkan “@[….” di kolom komentar, sehingga fungsi colek menggunakan kode di atas tidak bisa berjalan lagi.

Baca: Kode @[4:0]? di Facebook Bisa Tangkal Hacker, Benarkah?

Untuk membuktikan hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan simpel dengan mengetikkan alamat: https://www.facebook.com/4. Dijamin layar yang akan muncul adalah akun Facebook Mark Zuckerberg https://www.facebook.com/zuck.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com