Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Vivo V5 dan V5 Plus?

Kompas.com - 10/02/2017, 19:47 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vivo resmi merilis smartphone dengan dua kamera selfie, V5 Plus, dalam sebuah acara peluncuran di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

V5 Plus sendiri menjadi seri V kedua yang dirilis oleh Vivo dalam waktu berdekatan. Pada November lalu, Vivo baru saja merilis smartphone selfie lainnya bernama V5.

Sama-sama mengusung nama "V5" dan keunggulan selfie, apa yang membedakan kedua perangkat tersebut?

Menurut Kenny Chandra, Product Manager Vivo Mobile Indonesia, V5 Plus memiliki fitur yang lebih baik, terutama dari segi selfie.

Pasalnya, V5 Plus dibekali dengan dua kamera, yakni 20 megapiksel untuk kamera utama dan 8 megapiksel untuk kamera sekunder, di bagian depan. Sementara itu, V5 hanya dibekali satu kamera selfie dengan kualitas 20 megapiksel.

Kamera utama di V5 Plus sendiri berfungsi untuk mencari fokus, sementara itu kamera kedua untuk menjepret depth of field (bokeh).

Baca: Vivo V5 Rose Gold dan Space Grey Dirilis, Harganya?

Menariknya, foto bokeh yang sudah diambil itu bisa diedit kembali depth of field-nya. "Pengguna bisa ubah titik fokus, bahkan setelah foto diambil," ujar Kenny.

Selain itu, ada beberapa perubahan dari segi spesifikasi. Vivo V5 Plus dibekali dengan media penyimpanan internal berkapasitas 64 GB, naik dari 32 GB di V5.

Adapun, perubahan lainnya datang dari segi chipset. Jenis "otak" pemrosesan yang ada mengalami perubahan.

"Prosesor sebelumnya MediaTek, sekarang kami naik kelas menjadi Qualcomm. Kami pakai Qualcomm karena mendukung dual kamera," tutur Kenny.

Vivo V5 Plus sendiri dibekali dengan layar 5,5 inci dengan kualitas Full HD (1.920 x 1.080), chipset Qualcomm Snapdragon 625 2,0 GHz octa-core, RAM 4 GB, media penyimpanan internal 64 GB, kamera depan 20 MP + 8 MP, kamera belakang 13 MP, baterai 3.160 mAh, dan menjalankan sistem operasi Android 6.0 "Marshmallow".

Sementara, Vivo V5 dibekali dengan layar 5,5 inci dengan kualitas HD (1.280 x 720), chipset MediaTek6750 1,5 GHz octa-core, RAM 4 GB, media penyimpanan internal 32 GB, kamera depan 20 MP, kamera belakang 13 MP, baterai 3.000 mAh, dan menjalankan sistem operasi Android 6.0 "Marshmallow".

Vivo V5 sendiri dijual dengan harga Rp 3,5 juta. Sementara itu, Vivo V5 Plus dibanderol lebih mahal, Rp 5,5 juta.

Baca: Dirilis Februari, Begini Tampilan Vivo V5 Plus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com