Kamis, 30 Maret 2017

Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Redmi 3S

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Xiaomi Redmi 3s menggunakan layar berukuran 5 inci (720)

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya menjual ponsel 4G secara resmi di Indonesia. Ponsel pertama yang mereka rilis adalah Redmi 3S, sebuah ponsel mungil dengan banderol harga murah dan spesifikasi kelas menengah.

KompasTekno telah menjajal unit ini sejak beberapa hari yang lalu. Kesan pertamanya, ponsel tersebut memberikan kinerja yang mulus, dan ukurannya terasa sangat pas di genggaman tangan.

Lebih lengkapnya, berikut ini pengalaman singkat KompasTekno saat menjajal Xiaomi Redmi 3S untuk pertama kalinya.

Desain


Advertisment

Bentuk bodi Xiaomi Redmi 3s rasanya benar-benar mirip dengan Redmi Note 3. Bedanya ada di ukuran saja dan letak kamera utama saja. Lekuk serta peletakkan tombol benar-benar serupa.

Casing ponsel pun sama-sama dibuat dari bahan logam. Namun ketika dibandingkan, menggenggam Redmi 3S terasa jauh lebih nyaman dan mantap ketimbang Redmi Note 3. Bodi logam Redmi 3S tidak licin, sedangkan Redmi Note 3 cenderung lebih licin.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Perbandingan ukuran Redmi Note 3 (ki) yang berukuran 5,5 inci dengan Redmi 3s (ka) yang berukuran 5 inci

Hal ini terkait dengan ukuran bodi Redmi 3S yang memang lebih kecil, yakni 5 inci, sehingga mudah digenggam. Maklum, Redmi Note 3 dibuat dengan ukuran jumbo, yakni 5,5 inci, sehingga agak menyulitkan bagi pengguna yang bertangan mungil.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Tepi kiri ponsel Xiaomi Redmi 3s terdapat tombol pengaturan volume serta on/off

Xiaomi meletakkan tombol fisik pengaturan volume dan power pada tepi kiri ponsel. Sedangkan di tepi kanan terdapat slot untuk meletakkan kartu SIM.

Slot tersebut merupakan model hybrid, slot kartu SIM kedua menyatu dengan slot MicroSD. Pengguna hanya bisa memilih salah satunya saja, yakni antara memasang kartu SIM kedua dengan ukuran nano, atau memasang memori Micro SD saja. Slot kartu SIM utamanya sendiri berukuran micro.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Ponsel ini menggunakan slot kartu Dual SIM hybrid, yakni slot kedua merangkap sebagai slot Micro SD

Beralih ke bagian atas, pengguna akan menemukan port audio 3,5 milimeter dan sensor cahaya eksternal. Sensor cahaya ini berguna untuk membantu ponsel menyesuaikan terang-gelapnya layar saat berada di dalam atau luar ruangan.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Bagian atas Xiaomi Redmi 3s terdapat port audio 3,5 milimeter dan sensor pemindai kecerahan ruangan

Sedangkan di bagian tepi bawah ponsel, tersedia port Micro USB untuk pengisian daya atau memindahkan data, serta lubang mikrofon. Port Micro USB tersebut bisa juga dipakai sebagai USB on-the-go (OTG).

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Pada bagian tepi bawah ponsel hanya terdapat port micro USB serta sebuah lubang microphone

Software

Xiaomi Redmi 3S mengusung OS Android 6.0.1 sejak dalam paket penjualannya. Sistem operasi tersebut telah dibalut dengan MiUI versi tebaru, yakni 8.1.4.0 (MALMIDI).

KompasTekno sama sekali tidak menemukan adanya aplikasi lokal yang disertakan dalam Redmi 3S dari pabriknya. Saat pertama kali menyalakan ponsel tersebut, hanya ada berbagai aplikasi standar Google, seperti Gmail, aneka varian Google Play, Drive, Photos, dan sebagainya.

Selain itu ada juga aplikasi standar Xiaomi, seperti MIUI Forum, Mi Remote, aplikasi keamanan dan pemutar musik.

Kamera

Untuk alat mengabadikan gambar, Xiaomi membekali Redmi 3S dengan kamera utama resolusi 13 megapiksel. Sedangkan kamera depannya beresolusi 5 megapiksel.

Seperti halnya pada Redmi Note 3, kamera milik Redmi 3S juga punya pengaturan manual. Pengaturan ini sayangnya hanya terbatas pada perubahan ISO serta White Balance saja. Pengguna tidak bisa mengubah kecepatan rana (shutter) atau lainnya.

Selain itu ada juga software efek foro yang menarik untuk dicoba. Misalnya, Lomo untuk memberikan kesan foto seolah dipotret menggunakan kamera Lomography, Rustic untuk membuat nuansa klasik dengan saturasi rendah, atau Vivid untuk menonjolkan berbagai warna dalam foto.

Selain efek kreatif tersebut, pengguna Redmi 3S juga bisa menggunakan berbagai mode pemotretan seperti Panorama, Timer, HDR, HHT, Scene, Straighten atau Beautify.

Sekilas mencoba, KompasTekno tak menemukan hal mengecewakan pada kamera Redmi 3S. Warna yang dihasilkan cukup baik, terlihat kontras dan bisa menghasilkan bokeh.

Tentu saja bokeh tersebut tidak selembut dan sebagus hasil pemotretan menggunakan kamera SLR atau mirrorless. Tapi untuk ukuran ponsel, kamera Xiaomi bisa menghasilkan bokeh yang cukup untuk memperlihatkan kedalaman ruang dalam foto Anda.

Baca: Resmi, Xiaomi Redmi 3s Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Untuk menjajal bokeh ini, cobalah potret objek tertentu dengan jarak lebih kurang 15 cm dari lensa kamera ponsel.

Berikut ini sejumlah contoh hasil pemotretan menggunakan kamera Xiaomi Redmi 3s.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com (ki-ka) Contoh hasil kamera Redmi 3s pada mode normal, color pop dan rustic

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Contoh bokeh yang dihasilkan kamera Xiaomi Redmi 3s

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Contoh bokeh pada kamera Xiaomi Redmi 3s

Spesifikasi

  Xiaomi Redmi 3s
Layar: IPS LCD Capacitive 5 inci (720p)
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz
GPU: Adreno 505
RAM: 3 GB
Memori internal: 32 GB
Slot microSD: Hybrid dengan slot kartu SIM kedua, support hingga 256 GB
Kamera: 13 megapiksel (belakang), LED flash, 5 megapiksel (depan)
Baterai: 4.100 mAh
Konektor: USB micro
Sistem operasi: Android 6.0 Marshmallow
SIM: Dual Hybrid; Micro dan Nano
Konektivitas: 2G/3G/4G
Fitur: Pemindai sidik jari, Bluetooth 4.1, Dual Apps Suport, Dual Space Support

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor : Reska K. Nistanto
TAG: