Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Mau "Hoax" Diperlakukan seperti "Global Warming"

Kompas.com - 13/02/2017, 11:59 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook, mengemukakan opininya soal penyebaran berita palsu alias hoax yang marak akhir-akhir ini. Ia mengatakan dampak hoax tak kalah bahayanya dengan pemanasan global alias global warming.

"Itu (hoax) membunuh pikiran umat manusia," kata Cook, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Minggu (12/2/2017).

Hoax dan global warming dinilai sama-sama menyerang kancah internasional, bukan cuma di wilayah atau negara tertentu. Cook mengimbau agar penanganan hoax harus sama seriusnya dengan penanganan global warming.

"Harus ada kampanye besar-besaran di berbagai sektor (terkait pemberantasan hoax)," ia mengimbau.

Diketahui, hoax belakangan ini berimbas fatal ketika masuk ke ranah politik. Misalnya saja pada pemilu AS 2017. Derasnya aliran berita hoax dinilai berpengaruh pada hasil pemilu, di mana Donald Trump terpilih sebagai Presiden AS.

Di Tanah Air, berita hoax pun banyak berseliweran menyusul pemilihan kepala daerah serentak. Penyedia layanan semacam Google dan Twitter mengaku belum bisa memberantas penyebaran hoax pada platform mereka.

Pemberantasan hoax sejak dini

Pemberantasan hoax, kata Cook, bukan cuma jadi tanggung jawab layanan internet dan pemerintah, tapi juga semua pihak di berbagai sektor dan masyarakat umum.

"Pemberantasan hoax harus ditanamkan sejak dini di sekolah-sekolah dan di ranah publik," ia menuturkan. 

"Anak-anak adalah pihak yang paling mudah diedukasi. Setidaknya sebelum usia tertentu, mereka lebih banyak mendengar dan memahami," Cook menambahkan.

Lebih lanjut, Cook sesumbar bahwa industri teknologi seharusnya mampu menciptakan alat untuk memberantas hoax. Hal tersebut memang butuh waktu, energi, dan investasi lebih, tapi ia percaya bakal berguna untuk kehidupan generasi mendatang.

Baca: Ikan Tongkol dan Hoax Disleksia: Meramu Kebohongan demi Simpati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com