Google Maps di Android Dirombak, Apa yang Berubah? - Kompas.com

Google Maps di Android Dirombak, Apa yang Berubah?

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 13/02/2017, 14:08 WIB
Google Tampilan baru Google Maps

KOMPAS.com - Google telah memperbarui penampilan aplikasi Maps. Hasilnya terjadi perombakan besar-besaran dalam tata letak kolom di aplikasi tersebut, sekaligus tampilan yang fokus menyajikan informasi secara real time.

Pengguna yang membuka Google Maps baru ini akan langsung disambut dengan menu baru yang diletakkan di bagian bawah layar. Isinya berupa tiga kolom yang memuat fitur utama Maps, yakni indeks lokasi, petunjuk arah perjalanan, dan petunjuk angkutan umum.

Di bawah kolom indeks lokasi, pengguna akan menemukan rekomendasi berbagai restoran atau tempat makan terdekat darinya. Selain itu kolom ini juga bisa menampilkan informasi ATM, atau sentra pengisian bahan bakar kendaraan.

Berikutnya, bagi pengguna yang sudah menuliskan alamat kantor dan rumahnya di Google Maps, akan menemukan informasi tersebut di bawah kolom petunjuk arah. Informasi yang ditampilkan itu sekaligus berisi kondisi lalu lintas, jalur alternatif serta perkiraan waktu untuk menjangkaunya.

Sedangan kolom terakhir, berisi informasi mengenai angkutan umum apa saja yang bisa dinaikin untuk menuju alamat kantor atau rumah.

“Cukup usap layar ke atas dan Anda akan melihat tiga kolom yang akan membantu menemukan restoran terdekat, menyiasati kemacetan atau menemukan angkutan umum ke arah tertentu,” terang Product Manager Google Maps, Marcus Lowe, Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Blog Google, Senin (13/1/2017)

Pembaruan tersebut saat ini sudah bisa dirasakan oleh seluruh pengguna Google Maps di sistem operasi Android. Pastikan saja Anda sudah memperbarui aplikasi tersebut ke versi 9.45.1 di Play Store.

Sementara waktu ini belum diketahui kapan Google akan merilis pembaruan sejenis untuk Maps di sistem operasi iOS.

Baca: Teknologi di Balik Google Street View Edisi Indonesia

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReza Wahyudi
SumberBlog Google,
Komentar
Close Ads X