Rabu, 22 Februari 2017

BrandzView

Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Telkom Indonesia

Satelit Telkom 3S Siap Mengorbit

Dok Telkom Direktur Network, IT, and Solution PT Telkom Indonesia (Tbk), Abdus Somad Arief, membubuhkan tanda tangannya di atas fairing (tempat satelit) sebelum diletakkan di ujung roket peluncur di Final Assembly Buliding, Guiana Space Center, Kourou, French-Guiana, Perancis, pekan lalu.


KOMPAS.com
- Pengecekan terakhir Satelit Telkom 3S milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah rampung dilakukan. Satelit ini dijadwalkan meluncur pada 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB.

"Hasil pengetesan semua item teknis launch vehicle dalam kondisi on track dan hijau," kata Direktur Network, IT and Solution Telkom Abdus Somad Arief, lewat siaran pers yang diterima Kompas.com pada Senin (13/2/2017).

Dari hasil tersebut, kata Arief, jadwal peluncuran akan dilanjutkan sesuai rencana. "Tidak ada kondisi yang mempengaruhi jadwal peluncuran," tegas dia yang menyaksikan langsung proses pengecekan tersebut di Guiana Space Center, Kourou Frech Guiana, Perancis, pada pekan lalu.

Pengecekan terakhir yang selesai dilakukan pada pekan lalu adalah general rehearsal dan lunch readiness Review.

"General rehearsal merupakan bagian terpenting yang harus dilewati sebagai pengecekan akhir terhadap seluruh kondisi teknis satelit sebelum diluncurkan," papar Arief.

Dalam pengecekan tersebut, pengetesan dilakukan sesuai check list untuk memastikan spesifikasi teknis dan fungsi-fungsi seluruh bagian satellit berada dalam kondisi baik dan dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Dok Telkom Integrasi fairing dengan kendaraan peluncur dimana satelit Telkom 3S sudah terpasang di Final Assembly Buliding, Guiana Space Center, Kourou, French-Guiana, pekan lalu.
Adapun launch readiness Review merupakan pengecekan dan pengetesan seluruh elemen dan perangkat pendukung peluncuran. Kondisi roket sebagai launch vehicle yang siap meluncur hingga perangkat pendukung lain di area peluncuran, dicek di tahap ini.

“Syukur Alhamdulillah, kedua tahapan akhir yang sangat krusial telah terlewati," tegas Arief.

Usai mengikuti proses pengecekan tersebut, Arief dan tim teknis Telkom mendapat kesempatan membubuhkan tanda tangan di atas fairing satelit sebelum diletakkan di ujung roket peluncur.

Prosesi ini biasa dilakuan menjelang hari peluncuran, sebagai penanda satelit beserta roket siap diluncurkan. 

Arief pun meminta doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia agar Satelit Telkom 3S dapat diluncurkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Hingga pada akhirnya (satelit ini) berada di orbit di atas Indonesia dan berfungsi sebagaimana mestinya untuk memberikan layanan telekomunikasi yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” papar Arief.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Palupi Annisa Auliani
Editor : Palupi Annisa Auliani