Selasa, 28 Maret 2017

Tak Hanya Instagram, WhatsApp Juga Bakal Tiru Snapchat?

Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Antarmuka foto pada aplikasi WhatsApp terbaru versi beta mirip Snapchat.

KOMPAS.com - Facebook sepertinya benar-benar mengidolakan kemampuan Snapchat yang memungkinkan pengguna membagi foto dan video pendek untuk kemudian lenyap setelah 24 jam.

Kemampuan itu belakangan muncul di Instagram yang notabene merupakan anak usaha Facebook. Tak cukup satu, WhatsApp yang juga berada di bawah Facebook pun kabarnya akan dibenamkan fitur serupa.

Setidaknya begitu menurut informasi yang disebar akun Twitter @WABetaInfo. Akun tersebut tak terafiliasi dengan WhatsApp, sehingga informasinya belum bisa dipercaya 100 persen. Meski demikian, @WABetaInfo selama ini kerap membocorkan informasi-informasi yang kemudian terbukti kebenarannya.  

"Anda sekarang bisa membagi foto dan video kepada kontak, yang akan hilang setelah 24 jam," begitu tertera pada screenshot WhatsApp Status di platform iOS, yang dibagi @WABetaInfo dan dikutip KompasTekno, Jumat (17/2/2017).


Advertisment

Menurut @WABetaInfo, penyematan fitur serupa Snapchat ada pada pembaruan aplikasi WhatsApp versi beta 2.17.4+ untuk sistem operasi iOS.

Tak dijelaskan lebih lanjut apakah pengguna Android bakal kebagian pembaruan beta yang serupa atau tidak. Yang jelas, dikarenakan versi itu masih berbentuk beta, maka hanya sebagian kecil pengguna iOS beruntung yang bisa menjajalnya.

Jika fitur ini benar-benar ada di WhatsApp, sepertinya Facebook benar-benar menyulut api perang pada Snapchat. Setidaknya tunangan bos Snapchat yang tak lain adalah supermodel Miranda Kerr bakal makin terusik.

Kerr beberapa saat lalu mencak-mencak kepada Facebook karena merilis fitur Instagram Stories yang identik dengan Snapchat. Menurut dia, Facebook tak bisa berinovasi dan cuma mencontek ide sang kekasih, CEO Snapchat Evan Spiegel.

"Saya heran bagaimana mereka (tim Facebook) bisa tidur setiap malam," kata Kerr.

Baca: Luapan Amarah Tunangan Bos Snapchat untuk Facebook

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor : Deliusno
Sumber: twitter,
TAG: