Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindai Sidik Jari iPhone Bakal Dipindah ke Layar?

Kompas.com - 18/02/2017, 14:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - iPhone masa depan mungkin tak bakal lagi memiliki tombol home berbentuk bundar yang selama ini menjadi salah satu ciri khas perangkat tersebut.

Gejalanya bisa dilihat dari sebuah paten teknologi baru bernama “interactive display with IR diodes” yang didapatkan oleh Apple.

Teknologi dimaksud berupa layar yang bisa memindai sidik jari dengan bantuan dioda yang memancarkan cahaya infra merah (IR).

Layar itu bisa menggantikan fungsi tombol home yang merangkap sebagai pemindai sidik jari sejak iPhone 5S dirilis 2013 lalu.

Adapun fungsi navigasi “home” bisa berupa virtual button yang ditempatkan di layar, seperti yang terdapat di sebagian model smartphone Android.

Apple Ilustrasi teknologi layar pemindai sidik jari dalam paten Apple.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Sabtu (18/2/2017), niat Apple “membuang” tombol home sebenarnya sudah tercium sejak lama.

Pada 2015 lalu, perusahaan berlambang buah apel tergigit ini diketahui mengajukan paten untuk teknologi pemindai sidik jari di balik layar gadget.

Tombol home sendiri telah setia menemani perjalanan iPhone sejak 2007. Apple mungkin merasa sudah waktunya tombol lawas itu dihilangkan, entah untuk menghemat tempat atau alasan lain.

Seperti biasa, Apple menolak berkomentar mengenai paten tersebut. Belum jelas pula kapan teknologi ini akan mulai diterapkan di gadget besutannya, apakah di iPhone 8 atau generasi setelahnya.

Baca: Belum Dirilis, iPhone 8 Pecahkan Rekor Apple

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com