Minggu, 26 Maret 2017

YouTube Akan Hapus Iklan "Menyebalkan" di Awal Video

mashable Ilustrasi YouTube
KOMPAS.com - Iklan video di YouTube biasanya baru bisa dilewati (skip) dengan menekan tombol "skip", lima detik setelah mulai berjalan. Tapi ada kalanya pemirsa dipaksa menonton video iklan durasi penuh selama 30 detik tanpa bisa di-skip sebelum menonton video tujuan.
 
Untunglah, Google selaku pemilik dan pengelola YouTube menyadari bahwa para penggunanya tidak suka dengan format iklan yang "menyebalkan" ini, karena tidak bis adilewati.

Raksasa internet itu pun memutuskan akan menghapus format iklan 30 detik yang tidak bisa di-skip tersebut.

 
"Kami berkomitmen memberikan pengalaman iklan yang lebih baik untuk para pengguna online," ujar Google dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai bagian dari itu, kami akan mengentikan tayangan iklan 30 detik yang tidak bisa dilewati," lanjut Google.

 
Iklan 30 detik utamanya mengganggu pengguna mobile karena menyita waktu dan memakan kuota data seluler yang seharusnya bisa dialokasikan untuk video konten yang ingin dituju.
 
Meski demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (20/2/2017), Google baru akan menghentikan iklan 30 detik yang tidak bisa di-skip ini mulai 2018 mendatang.
 
Format-format iklan lainnya, termasuk yang berdurasi 15 detik dan 20 detik, akan tetap dipertahankan. Pengguna juga kemungkinan akan lebih banyak disuguhi iklan "bumper" berdurasi sepanjang 6 detik yang lebih sesuai dengan video-video pendek di YouTube.

Baca: Beda Live Streaming di YouTube dengan Facebook dan Instagram


Advertisment

Penulis: Oik Yusuf
Editor : Reska K. Nistanto
Sumber: The Verge,
TAG: