Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kebakaran, Baterai Galaxy S8 Dibikin Sony?

Kompas.com - 20/02/2017, 07:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Biang keladi permasalahan Galaxy Note 7 yang rawan terbakar adalah cacat produk pada unit baterai. Peranti sumber daya untuk smartphone itu selama ini dibikin oleh anak usaha Samsung sendiri, SDI dan rekanan pihak ketiga, ATL.

Untuk mencegah insiden serupa terulang di smartphone flagship berikutnya, Galaxy S8, Samsung dikabarkan mendiversifikasi rantai pasokan baterai Galaxy S8 ke sejumlah pabrikan lain.

Salah satu pabrikan itu disinyalir adalah Sony Corp., raksasa elektronik yang berbasis di Jepang. Dengan kata lain, sebagian baterai perangkat Galaxy S8 dibikin oleh Sony.

Selain Sony, Samsung disinyalir juga mengontrak dua pabrikan untuk memasok baterai Galaxy S8, yakni Amperex dan Samsung SDI.

Jumlah pesanan baterai yang diajukan ke Sony kabarnya lebih sedikit dibandingkan pesanan ke dua pabrikan lain tersebut.

Meski bersaing dengan Samsung di ranah smartphone, Sony sendiri menyediakan jasa manufaktur komponen untuk pabrikan-pabrikan smartphone.

Salah satu komponen smartphone yang beken dari Sony adalah sensor kamera smartphone. Jajaran iPhone dari Apple misalnya, diketahui mengandalkan teknologi sensor kamera Sony.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (20/2/2017) menyebutkan bahwa baik Samsung maupun Sony menolak berkomentar mengenai kabar kerja sama di atas.  

Di samping mendiversifikasi pemasok baterai, Samsung diduga turut menerapkan langkah-langkah tambahan untuk memastikan keamanan baterai Galaxy S8, seperti melakukan pemindaian X-ray untuk tiap unit.

Baca: Samsung Resmi Umumkan Penyebab Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com