Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilelang, Telepon Merah Hitler Laku Rp 3,24 Miliar

Kompas.com - 21/02/2017, 08:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Jezebel

KOMPAS.com - Telepon milik pemimpin partai Nazi, Adolf Hitler, terjual senilai 243.000 dollar AS atau setara Rp 3,24 miliar. Penjualan dilakukan dengan mekanisme pelelangan via telepon.

Menurut lembaga pelelangan Alexander Historical Auctions, angka penawaran mula-mula dibuka 100.000 dollar AS atau senilai Rp 1,3 miliar, sebagaimana dilaporkan Jezebel dan dihimpun KompasTekno, Selasa (21/2/2017).

Seseorang kemudian berani menawar dengan harga tertinggi sehingga tak mampu dilawan kandidat lain. Alexander Historical Auctions enggan mengumbar identitas pemenang lelang tersebut.

Tak jelas mengapa sang pemenang lelang begitu menginginkan benda inventaris dari salah satu tokoh otoriter paling kejam sepanjang masa. Yang jelas, telepon itu berperan penting dalam momentum-momentum bersejarah di Jerman puluhan tahun silam.

Telepon tersebut berwarna merah dan mematrikan simbol Partai Nazi. Nama Hitler juga terukir di bagian belakang telepon. Hitler membawa telepon itu ke beberapa lokasi untuk melakukan panggilan, semisal di markas Nazi dan kereta.

Telepon itu pertama kali ditemukan oleh petugas militer Rusia yang menduduki Jerman. Mereka kemudian menyerahkannya ke petinggi militer Inggris, Sir Ralph Rayner saat berkunjung ke bunker Hitler di Berlin, Jerman.

CBSNews Telepon milik Adolf Hitler dilelang.
Telepon Hitler lalu dijual anak Rayner ke lembaga pelelangan. Terakhir, telepon tersebut menjadi milik seseorang yang tak diketahui identitiasnya.

Sebelumnya, porselen milik Hitler juga terjual lewat pelelangan dengan harga 24.300 dollar AS atau senilai Rp 324 jutaan.

Baca: Mesin Enkripsi Hitler Ditemukan Dijual Murah di eBay

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Jezebel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com