Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Depan iPhone 8 Hasilkan "Selfie" 3D?

Kompas.com - 23/02/2017, 13:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - iPhone 8 dijadwalkan meluncur pada Agustus 2017 mendatang atau sekitar enam bulan dari sekarang. Meski demikian, bocoran tentang ponsel yang menjadi penanda satu dekade usia iPhone tersebut sudah berseliweran di mana-mana.

Rumor terakhir datang dari analis kawakan dari KGU Securities, Ming-Chi Kuo. Ia mengatakan iPhone 8 bakal dilengkapi kamera depan yang revolusioner.

Tak cuma menghasilkan foto dengan sudut pandang datar alias 2D, kamera depan iPhone 8 juga dikatakan bisa menghasilkan foto selfie 3D, sebagaimana dilaporkan TrustedReviews dan dihimpun KompasTekno, Kamis (23/2/2017).

Hal ini dimungkinkan kemampuan sensor kedalaman 3D yang mampu mendeteksi kedalaman objek foto. Selain itu, ada juga modul infra merah yang bisa menggabungkan data dari foto 2D untuk menyatukannya dengan teknologi pengenal wajah dan iris pengguna.

Hasilnya, pengguna dapat menjadikan selfie miliknya sebagai karakter game 3D. Hal ini sekaligus memperkuat kabar bahwa Apple bakal fokus mengimplementasikan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) pada iPhone berikutnya.

Selain tentang selfie 3D, ada beberapa kemampuan iPhone 8 yang sebelumnya diumbar Kuo. Salah satunya tentang desain tanpa bingkai (bezel-less) dan melengkung di dua sisi ponsel.

iPhone 8 juga dikatakan bakal menggunakan layar OLED dan memiliki fitur pengecasan nirkabel alias wireless charging. Apple belum mengonfirmasi berbagai prediksi tersebut.

Kuo sendiri dikenal sebagai analis yang sering "meramal" produk Apple dengan akurat. Benar atau tidaknya "ramalan" soal iPhone 8 bisa diketahui dalam beberapa bulan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com