Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Teknologi "Fast Charge" dan "Sensor Kamera Pintar" dari Oppo

Kompas.com - 23/02/2017, 17:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Oppo

KOMPAS.com - Teknologi pengisian baterai cepat alias fast charging adalah salah satu fitur yang mulai banyak diterapkan di smartphone bikinan berbagai pabrikan, tak terkecuali pula Oppo.

Perusahaan asal China ini memiliki teknologi fast charging bernama Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging (VOOC). Pada Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol, Februari tahun lalu, fitur tersebut diperbarui menjadi Super VOOC.

Dibanding teknologi VOOC terdahulu yang mampu mengisi 75 persen kapasitas baterai perangkat dalam 30 menit, kerja Super VOOC lebih cepat dalam hal charging.

Super VOOC sanggup mengisi baterai berkapasitas 2.500 mAh dari keadaan kosong hingga 100 persen penuh, hanya dalam waktu 15 menit sehingga diklaim sebagai sebagai teknologi fast charging tercepat di dunia.

Apa rahasianya? Berbeda dari teknologi fast charging besutan pihak lain yang umumnya menerapkan pengisian baterai dengan voltase tinggi, Super VOOC justru mengandalkan voltase rendah di kisaran 5V yang aman dan sesuai dengan standar untuk charging smartphone.

Penggunaan voltase rendah itu dipadukan dengan algoritma pulse-charge yang secara dinamis mengatur arus untuk mengisi baterai perangkat dalam waktu singkat.

Menurut keterangan dari pihak Oppo, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (23/2/2017), dibandingkan voltase tinggi, penggunaan voltase rendah pada Super VOOC memiliki keuntungan berupa suhu perangkat yang lebih dingin.

Teknologi fast charging dengan voltase tinggi memerlukan konverter untuk menurunkan voltase sebelum daya dipasok ke baterai. Proses ini melepaskan banyak energi dalam bentuk panas sehingga tidak efisien.

Keuntungan lain dari Super VOOC yang adem, ponsel bisa tetap nyaman dipakai selagi mengisi baterai, baik untuk menonton video, browsing, ataupun bermain game tanpa membuat tangan pengguna kepanasan.

Dengan teknologi fast charging lain, ponsel akan beralih ke mode pengisian biasa (bukan fast charging) apabila dipakai saat sedang terhubung ke charger. Ini diperlukan untuk mencegah panas supaya tidak terlalu tinggi.

Teknologi Super VOOC diwujudkan melalui kombinasi tiga komponen, yakni baterai jenis baru dengan komposisi kimia rahasia, charger dengan hardware kelas militer (military grade) yang didesain tangguh, dan kabel khusus (USB Type-C atau micro-USB).

SmartSensor penstabil gambar

Dalam kesempatan yang sama di MWC 2016, Oppo turut memperkenalkan inovasi kedua berupa teknologi penstabil gambar (optical image stabilizer, OIS) untuk kamera ponsel. Fitur bernama SmartSensor ini pun menganut mekanisme berbeda dibandingkan teknologi lain yang sejenis.

OIS di dunia kamera biasanya terdiri dari dua tipe, yakni yang diterapkan di lensa dan sensor. Smartphone umumnya menerapkan OIS di bagian lensa karena keterbatasan tempat di modul kamera yang kecil.

OIS di lensa bekerja dengan motor coil yang menggerakkan elemen-elemen lensa ke arah yang berlawanan dari goyangan untuk menstabilkan gambar, seperti bisa dilihat dalam video ilustrasi di bawah.

Halaman:
Sumber Oppo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com