Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Baru dari Kompasiana, Lebih dari Sekadar Ngeblog

Kompas.com - 23/02/2017, 18:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan Kompasiana sebagai sebuah platform blog sudah tidak asing lagi di telinga blogger dan netizen Indonesia. Seiring perjalanannya menjadi platform blog terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara, Kompasiana meluncurkan logo dan slogan baru di awal tahun 2017. Logo dan slogan baru tersebut menegaskan keberadaan Kompasiana sebagai platform yang mengakomodir opini atau laporan warga. 

Kompasiana kini mengusung slogan “Beyond Blogging” dan transformasi bentuk logo yang menggambarkan peran serta Kompasiana menyatukan blogger dengan latar belakang pendidikan, letak geografis, usia, dan minat yang berbeda untuk bersinergi dalam berbagi konten positif bersama.

"Kami harus menawarkan dan memberi pengalaman yang lebih baik, bukan hanya pada pengguna tapi juga pada netizen. Sejauh ini kami terus berbenah diri dan ke depannya kami akan menampilkan wajah yang lebih segar juga memperbaiki teknologi supaya memberi pengalaman lebih baik dalam mengakses Kompasiana," ujar Direktur Kompas Gramedia Group of Digital Andy Budiman dalam acara peluncuran logo baru Kompasiana, Kamis (23/2).

Identitas baru dari Kompasiana ini diresmikan dalam acara peluncuran yang digelar Kamis (23/2/2017) di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat, Jakarta.

“Sudah waktunya Kompasiana menyegarkan diri kembali agar lebih sesuai dengan kondisi sekarang ini. Hal ini dilakukan untuk mempertegas kembali keberadaan Kompasiana sebagai sebuah platform blog yang memungkinkan siapapun untuk menulis di Kompasiana,” ujar Iskandar Zulkarnaen, Chief Operating Officer Kompasiana.

“Logo baru ini tentunya juga akan semakin diperkuat dengan slogan baru Beyond Blogging yang mengukuhkan Kompasiana dengan tiga pilar utama yaitu platform blog, pengolahan konten yang baik dan berkualitas, dan big data. Hal inilah yang akan dikembangkan dan ditawarkan kepada para pengguna internet,” lanjut Iskandar.

Melalui semangat “Lebih dari Sekadar Ngeblog”, Kompasiana mengajak dan memberikan ruang bagi blogger untuk bersama-sama berbagi konten positif dan bermanfaat luas, sekaligus menjadi ruang interaksi melalui beragam kegiatan online dan offline yang rutin digelar.

Lebih lanjut Iskandar Zulkarnaen menambahkan, inovasi tidak hanya berhenti di perubahan logo dan slogan saja, tetapi juga pembaruan tampilan dan fitur-fitur baru yang akan semakin memenuhi kebutuhan Kompasianer.

Kompasiana pertama kali berdiri sebagai blog jejaring internal untuk jurnalis dan karyawan Kompas Gramedia di tahun 2008. Setahun berjalan, kemudian Kompasiana berganti format menjadi platform blog yang bisa diakses oleh seluruh warga dengan mengusung slogan “Sharing. Connecting”.

Sebagai platform blog dan publikasi onlineblogger Kompasiana atau juga disebut Kompasianer, bisa menuangkan konten berupa laporan, opini, hingga karya fiksi di Kompasiana.

Pengelolaan konten di Kompasiana dilakukan secara simultan. Setiap artikel yang dibuat Kompasianer akan langsung ditayangkan, namun Kompasiana tetap akan memoderasi isi konten untuk memastikan tidak ada yang melanggar syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Dalam perjalanannya, Kompasiana bertransformasi. Perubahan tampilan antarmuka situs web Kompasiana (www.kompasiana.com), fitur-fitur interaktif yang mendukung kebutuhan Kompasianer, hingga kegiatan-kegiatan online dan offline yang terus berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com