Ponsel Rp 500.000-an Qualcomm Pakai Android dan Bisa WhatsApp - Kompas.com

Ponsel Rp 500.000-an Qualcomm Pakai Android dan Bisa WhatsApp

Deliusno
Kompas.com - 28/02/2017, 16:44 WIB
Deliusno/KOMPAS.com Ponsel dasar (feature phone) buatan Qualcomm yang dipamerkan di MWC 2017, Selasa (27/2/2017).

BARCELONA, KOMPAS.com - Meskipun termasuk kategori feature phone, namun feature phone 4G buatan Qualcomm diklaim bakal mengusung sistem operasi Android, dan bisa menjalankan beberapa aplikasi chatting populer, seperti BBM dan WhatsApp.

Hal ini diungkap oleh Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong, Selasa (28/2/2017) ketika dijumpai jurnalis KompasTekno, Deliusno di sela gelaran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona,

"Nantinya ada tiga aplikasi yang tersedia, yakni BBM, WhatsApp, dan Facebook," kata Shannedy.

Baca: Qualcomm Siap Jual Ponsel 4G Rp 500.000 di Indonesia
 
Ya, pengguna nantinya tak hanya bisa menjalankan fungsi dasar telepon dan SMS saja di ponsel yang rencananya bakal dijual Rp 500.000-an ini, melainkan juga berselancar (browsing) di dunia maya dan juga chatting.

Namun, jumlah aplikasi yang bisa dipasang di feature phone berkode IQ100 buatan Qualcomm itu tidak bisa ditambah, karena memori yang dimiliki ponsel terbatas.

IQ100 yang saat ini masih berupa produk purwarupa itu bakal menjalankan sistem operasi Android KitKat atau setidaknya Lollipop. OS tersebut tentunya akan banyak dimodifikasi agar bisa tetap hadir sebagai feature phone.

"Google Play akan dikunci. Pengguna juga tidak bisa update lebih dari Android Lolipop karena versi yang lebih baru menghabiskan lebih banyak memori," imbuh Shannedy.

Qualcomm belum banyak memberikan detail spesifikasi IQ100. Namun ponsel ini dikatakan bakal mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 200 dengan bentang layar 2,4 hingga 2,8 inci. 

Shannedy juga tidak bisa membeberkan kapan feature phone ini hadir di pasar Indonesia. Akan tetapi, Qualcomm sudah memiliki waktu pasti kehadiran prototipe produk.

"Sekitar bulan Maret seharusnya sudah ada working product," pungkas Shannedy.

Sesuai harapan Menkominfo

Seperti diberitakan sebelumnya, Qualcomm bekerja sama dengan vendor lokal TSM mengembangkan feature phone IQ100 dengan konektivitas 4G (minus Wi-Fi). Feature phone ini rencananya bakal dijual dengan harga Rp 500.000-an di Indonesia.

Upaya Qualcomm menghadirkan ponsel 4G murah ini sejalan dengan harapan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Menurut pria yang kerap disapa RA itu, harga ponsel 4G di Indonesia diharapkan bisa turun hingga kisaran Rp 600.000-an pada 2018 nanti.

"Sekarang HP (handphone) 4G harganya sudah ada yang Rp 1 jutaan, tiga tahun lagi, saya ingin ponsel-ponsel 4G harganya bisa turun sampai Rp 600.000," ujar Rudiantara pada November 2015 lalu.

Baca: Menkominfo Ingin Ponsel 4G Seharga Rp 600.000


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDeliusno
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X