Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meraja di China, Kapan Oppo Ekspansi ke AS dan Eropa?

Kompas.com - 01/03/2017, 07:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Tahun 2016 bisa dibilang sebagai tahunnya Oppo. Pertumbuhan bisnisnya meningkat tajam di kala kompetisi industri smartphone semakin ketat.

Di China, Oppo menjadi vendor terbesar setelah menggeser posisi Huawei dan Xiaomi. Oppo juga masuk deretan lima besar vendor smartphone global, tepatnya di posisi empat.

Dengan berbagai pencapaian itu, banyak yang heran mengapa Oppo belum juga berekspansi ke pasar Amerika Serikat (AS) dan Eropa yang notabene adalah "wajah" pasar smartphone global.

Saat ditanya KompasTekno pada sesi wawancara khusus, Oppo sesumbar sedang menyiapkan diri untuk masuk ke dua wilayah tersebut. Namun, belum jelas kapan realisasinya.

"Kami belum menetapkan timeline-nya, tapi kami punya persiapan ke sana," kata Senior Product Planning Manager Oppo, Mepo Liu, Senin (27/2/2017) di area MWC, Barcelona, Spanyol.

Lebih lanjut, Oppo yakin pasar di Amerika Serikat dan Eropa bakal menyambut positif jika waktunya tiba. Keyakinan itu bukan tanpa alasan, sebab menurut Oppo kondisi pasar Amerika Serikat dan Eropa mirip dengan Singapuran dan Australia.

"Kami sudah berekspansi ke Singapura dan Australia. Di sana penerimaannya sangat baik, sehingga kami yakin Amerika dan Eropa juga akan sama nantinya," ia menuturkan.

Saat ini Oppo menempati urutan ketiga sebagai vendor smartphone terbesar di Singapura. Sementara di Australia, posisinya berada di lima besar.

Di Indonesia sendiri, pangsa pasar Oppo menduduki posisi kedua dengan pangsa pasar 16,7 persen. Posisi pertama masih dipertahankan Samsung.

Baca: Mengintip Booth Oppo di MWC Barcelona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com