Video: Membuktikan Kehebatan Kamera "Lossless Zoom" Oppo - Kompas.com

Video: Membuktikan Kehebatan Kamera "Lossless Zoom" Oppo

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 01/03/2017, 16:47 WIB
Ari Prasetyo/Kompas.com Kamera 5x Dual-Camera Zoom atau Lossless Zoom dari Oppo.

BARCELONA, KOMPAS.com - Teknologi "5x Dual-Camera Zoom" atau disebut juga "5x Lossless Zoom" menjanjikan tiga hal. Pertama, mampu mendekatkan jarak bidikan ke objek yang jauh (zoom) hingga lima kali tanpa pengurangan kualitas.

Kedua, tak seperti implementasi optical zoom lainnya, teknologi ini ramah tempat. Pengguna tak perlu khawatir 5x Lossless Zoom membuat smartphone menjadi tebal.

Ketiga, Oppo sesumbar bahwa kamera 5x Lossless Zoom tetap menjamin stabilitas pembidikan objek. Padahal, semakin jauh jarak zoom yang dipasang, biasanya stabilitas pembidikan terganggu sehingga sulit mengunci fokus dan hasilnya buram.

Untuk selengkapnya, berikut pengalaman KompasTekno menjajal kamera 5x Lossless Zoom langsung dari stand 3D31 milik Oppo di area MWC 2017, Barcelona, Spanyol, Selasa (28/2/2017).

Ponsel sebelah kiri adalah ponsel demo yang sudah disematkan teknologi 5x Lossless Zoom. Sementara itu, ponsel sebelah kanan adalah milik vendor lain yang sudah beredar saat ini dengan mengusung kemampuan optical zoom 2x.

Ditilik dari desain ponsel demo, terbukti bahwa teknologi 5x Lossless Zoom tak membutuhkan bodi tebal. Ketebalan ponsel demo lebih kurang sama dengan F1s, sehingga salah satu klaim Oppo bisa dibenarkan.

Ari Prasetyo/Kompas.com Kamera 5x Dual-Camera Zoom atau Lossless Zoom dari Oppo.

Selanjutnya, KompasTekno mencoba menjepret objek menggunakan kamera 5x Oppo dan kamera 2x vendor lain beberapa kali. Dimulai dari jepretan normal, zoom 1x, zoom 2x, hingga zoom 5x.

Foto yang dihasilkan kamera 5x Oppo tetap tajam pada penge-zoom-an optik maksimum lima kali. Selain itu, ketika hasilnya di-zoom lagi secara digital hingga 10 kali, tak terlihat garis objek yang memudar signifikan.

Baca: Smartphone Zoom 5x Oppo Diuji Banting 40.000 Kali

Berbeda dengan milik kamera 2x milik vendor lain. Ketika di-zoom 2x, hasilnya tampak bagus. Tapi, ketika dilakukan digital zoom hingga lima kali, terlihat jelas garis-garis objek yang memudar.

Pengalaman yang paling terasa berbeda adalah ketika hendak mengunji fokus pada penge-zoom-an maksimal. Saat menyetel zoom 5x pada ponsel demo Oppo, objek yang ingin difokuskan tinggal di-tap.

Objek akan seketika fokus dan latar belakangnya menampilkan efek bokeh yang dalam. Penguncian fokus tak sampai satu detik dan hasil yang dijepret tak buram.

Berbeda dengan pengalaman menjajal kamera berkemampuan optical zoom 2x milik kompetitor Oppo. Saat di-zoom 2x, tak ada masalah penguncian fokus.

Namun, ketika dilakukan zoom digital hingga lima kali, fokus lebih sulit terkunci. Hasil foto pun akan buram jika tangan sedikit bergerak ketika membidik dalam kondisi zoom banyak kali.

Ari Prasetyo/Kompas.com Kamera 5x Dual-Camera Zoom atau Lossless Zoom dari Oppo.

Penjajalan KompasTekno membuktikan stabilitas foto untuk kamera 5x Oppo bisa diandalkan. Ini tak lepas dari struktur periskop yang diimplementasikan Oppo pada salah satu lensanya, yakni lensa telephoto untuk menangkap ketajaman gambar.

Mekanisme periskop menyamping membuat lensa lebih sensitif merasakan guncangan dan seketika memperbaikinya. Stabilitas yang dihasilkan 40 persen lebih tinggi dibandingkan kamera smartphone lain dengan fitur optical zoom.

Secara garis besar, teknologi 5x Lossless Zoom Oppo dimungkinkan oleh penggabungan lensa lebar alias wide-angle dengan lensa telephoto untuk menangkap ketajaman gambar. Hasil jepretan kedua lensa kemudian digabungkan atau disebut juga camera fusion.

Nah, trik tersebut menghasilkan gambar yang tetap terjaga kualitasnya setelah di-zoom lima kali.

Sayangnya, hingga kini Oppo masih enggan mengumbar kapan teknologi ini akan direalisasikan sebagai produk nyata. Kita tunggu saja.

Baca: 3 Fakta di Balik Teknologi Kamera Periskop Oppo

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X