Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spotify Uji Coba Alirkan Musik Kualitas CD

Kompas.com - 02/03/2017, 13:47 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Spotify disinyalir sedang mempersiapkan layanan baru yang menawarkan kualitas streaming atau aliran musik lossless. Kualitas ini setara dengan kualitas musik dari CD. Layanan ini sedang dalam pengujian dan disebut dengan Spotify Hi-Fi.

Selama ini, Spotify mematok kualitas tertinggi aliran musiknya pada format 320 kbps, atau setara MP3. Format musik ini memiliki kompresi yang cenderung mengurangi kualitas dan detail rekaman musik.

Bila rencana Spotify Hi-Fi diterapkan, maka kualitas tersebut bakal meningkat. Pengguna bakal dapat mendengarkan musik dengan suara yang lebih detail dan jernih dibandingkan MP3 secara online.

Kualitas suara setara CD itu pun bisa dinikmati melalui smartphone. Apalagi dengan adanya konektor Lightning milik Apple dan USB-C di smartphone Android, keduanya bisa dipakai mengalirkan audio dengan kualitas hi-fi.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (2/3/2017), layanan baru ini akan dibanderol dengan harga berbeda. Pengguna akan diminta menambah biaya berlangganan antara 5 dollar AS atau sekitar Rp 66 ribu hingga 10 dollar AS atau sekitar Rp 133.000.

Spotify baru dalam tahap mengukur minat pengguna terhadap harga yang ditawarkannya itu. Mereka belum benar-benar membuka pengujian streaming Hi-Fi.

Aliran data yang berbeda

Sekadar diketahui, USB-C atau Lightning menawarkan metode pengaliran sinyal audio yang berbeda dengan port 3,5 milimeter. Jika port audio 3,5 milimeter berguna untuk mengalirkan  sinyal audio dalam bentuk analog, USB-C atau Lightning justru mengalirkannya dalam bentuk data digital.

Data yang keluar dalam bentuk digital itu kemudian akan diproses menjadi sinyal analog oleh converter dan komponen lain dalam headphone atau perangkat audio lainnya. Perbedaan ini diyakini bakal menghasilkan kualitas suara lebih baik.

Salah satu alasannya adalah karena pemrosesan data audio digital itu dilakukan di dekat output, sehingga tidak terganggu noise yang dihasilkan perangkat radio dan komponen lain dalam ponsel.

Baca: Ini Lagu dan Artis Terpopuler 2016 Versi Spotify Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com