Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Lebih Stabil dari Android, Benarkah?

Kompas.com - 02/03/2017, 15:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Benarkah iPhone (iOS) lebih stabil dibandingkan smartphone Android? Ternyata tak selalu demikian. Setidaknya, begitulah sebagian kesimpulan yang diambil oleh Blanco Technologies Group dalam laporan terbarunya.

Firma mobile diagnostics itu menganalisis ponsel-ponsel yang dilaporkan mengalami kerusakan oleh pemiliknya di wilayah Amerika, Asia, dan Eropa sepanjang kuartal keempat 2016.

Sepanjang periode tersebut, ditemukan bahwa aplikasi di iOS ternyata dua kali lebih sering mengalami crash (57 persen) dibandingkan di platform Android (22 persen).

Blanco menyebutkan, ada sejumlah aplikasi yang tercatat paling sering mengalami crash, di kedua sistem operasi itu, di antaranya Facebook, Snapchat, dan Instagram.

Menurut Blanco, aplikasi crash adalah masalah yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna iPhone pada kuartal keempat 2016. Setelah itu, menyusul masalah overhearting (kepanasan) dan headphone yang tak berfungsi.

Sebagian masalah di atas disinyalir berasal dari update sistem operasi iOS dari Apple, misalnya iOS 10.2 pada Desember 2016, yang sering kali mengandung bug.

Adapun pengguna Android lebih sering bermasalah dengan bug di kamera serta masalah terkait USB dan pengisian baterai, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Kamis (2/3/2017).

Laporan Blanco selengkapnya bisa diunduh di tautan berikut.

Baca: Memori Android Kepenuhan? Ini 4 Solusinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com