Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera "Selfie" Oppo Bakal Hasilkan "Bokeh" Menawan?

Kompas.com - 03/03/2017, 15:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

AVIGNON, KOMPAS.com - Saat memperkenalkan teknologi "5x Dual-Camera" atau "5x Lossless Zoom", Oppo memberikan demo penggunaannya haya untuk kamera belakang.

Keutamaan teknologi itu untuk melakukan perbesaran obyek foto hingga lima kali, tanpa pengurangan cahaya. ??Meski demikian, tak menutup kemungkinan pula teknologi anyar itu diterapkan pada kamera depan untuk selfie, namun untuk tujuan lain.

Hal ini diindikasikan Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, pada KompasTekno, Jumat (3/3/2017), di Avignon, Perancis. ??

Baca: Prinsip Kerja Teknologi Zoom 5x di Kamera Smartphone Oppo

"Kamera ini belum sempurna. Bisa saja diterapkan juga untuk selfie, tapi kami belum tahu karena masih terus dikembangkan oleh tim engineer Oppo," kata dia. ??

Bukan zoom tapi bokeh??

Jika diterapkan pada kamera depan, tentu bukan kemampuan zoom yang diutamakan. Pasalnya, ada kelebihan lain dari teknologi yang menggabungkan lensa wide-angle dan lensa telephoto berstruktur periskop itu. ??

"Efek bokeh (kedalaman bidang gambar), stabilitas, dan ketajaman gambarnya yang bisa diimplementasikan ke kamera depan," Aryo menuturkan. ??

Efek bokeh dikenal di dunia fotografi untuk menonjolkan obyek utama, dengan mengaburkan gambar latar (background). Saat dipakai untuk selfie, maka foto wajah akan lebih menonjol dengan latar belakang yang blur.

Struktur periskop selama ini sudah familiar diterapkan pada kamera profesional DSLR, tetapi baru pertama kali digodok untuk kamera smartphone. Dalam konteks ini, Oppo menerapkan struktur mirip kapal teropong kapal selam itu di lensa telephoto-nya untuk menangkap ketajaman gambar.

??Struktur periskop menyamping memungkinkan modul kamera tetap tipis sehingga tak menonjol keluar.

OIS pun dipasang pada lensa ini supaya lebih stabil. ?Hasilnya, foto diklaim 40 persen lebih stabil dengan kemampuan penguncian fokus objek yang mumpuni. Lensa telephoto juga menghasilkan efek bokeh yang apik.?

Baca: Kamera Periskop Oppo Bisa Gantikan Mirrorless?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com