Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game di Android Bisa Dicoba Dulu Sebelum Dibeli

Kompas.com - 03/03/2017, 19:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sebentar lagi, pengguna Android tidak perlu bingung memilih game untuk diunduh. Pasalnya Google akan merilis fitur yang mengizinkan pengguna mencoba game terlebih dulu sebelum membelinya.

Google menamai fitur tersebut “Playables”. Mereka mengumumkan keberadaan fitur tersebut dalam acara Google Developer Conference 2017 dan berencana menerapkannya dalam waktu dekat.

Sebagaiman dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (3/3/2017), Playables sebenarnya sebuah iklan yang bisa digunakan para pengembang untuk memamerkan game buatan mereka.

Namun bentuknya bukanlah iklan biasa. Google sengaja membuat iklan ini dalam format game ukuran kecil (mini game) atau teaser yang dapat dipakai untuk menunjukkan alur permainan.

Karena dibuat sebagai mini game, maka pengguna bisa menjajal permainan tersebut hanya melalui iklan. Dan setelah mencoba, jika pengguna merasa cocok, dapat mumutuskan untuk membelinya.

Director of Product Management for Mobile Advertising Google, Sissie Hsiao mengatakan bahwa fitur Playables ini bakal memberi manfaat baik untuk para pengembang aplikasi. Sebabnya, pengguna yang telah mencoba dan memutuskan membeli, biasanya cenderung memainkan game dalam waktu yang lebih lama.

Keputusan membuat fitur uji coba game ini, menurut Hsiao, diambil seiring terjadinya perubahan dalam lansekap aplikasi mobile.

Menurutnya, para pemain saat ini cenderung mencari judul game tertentu secara spesifik. Karena itu, metode Playables dianggap bakal lebih bermanfaat ketimbang metode Google Play Store dulu.

Baca: Aplikasi, Game, Buku, dan Film Terbaik 2016 di Play Store Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com