Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Majalah Dewasa, Bill Gates Pernah Ramalkan Kelahiran Netfllix

Kompas.com - 07/03/2017, 08:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Netflix dan Facebook adalah dua layanan online populer yang baru lahir pada abad ke-21. Siapa sangka ternyata kelahiran mereka sudah diprediksi jauh sebelumnya oleh pendiri Microsoft, Bill Gates, pada 1994.

Kala itu, dalam sebuah wawancara dengan majalah dewasa, Gates menerangkan aneka macam kemungkinan yang bisa dihadirkan oleh jaringan internet. Pada medio 1990-an, internet memang masih “barang baru” untuk sebagian besar masyarakat dunia.

“Andaikata Anda ingin nonton film. Untuk memilih, Anda pasti ingin tahu film apa yang disukai orang lain, juga berbagi pendapat Anda sendiri tentang film yang sudah ditonton,” ujar Gates.

“Informasi macam ini bisa didapatkan (di internet). Lalu Anda bisa memilih dan menonton video secara on-demand. Setelah itu, Anda bisa menulis (review) tentang film tersebut,” ujar Gates, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (7/3/2017).

Apa yang diucapkannya mungkin masih sulit dibayangkan tahun 1994, kala majalah Time bahkan merasa perlu menerbitkan buku “Cara Menggunakan Internet” untuk menjelaskan barang baru yang ajaib itu.

Tapi, bertahun-tahun setelah ucapan Gates, layanan video on-demand benar-benar mewujud dan kini sudah jadi bagian sehari-hari dari kehidupan para pengguna internet.

Selain itu, Gates juga membayangkan bahwa internet akan menyatukan orang-orang dari seluruh dunia dengan menghapus batasan fisik dan jarak.

“Anda sekarang mungkin terkait ke komunitas fisik di sekitar. Namun di lingkungan baru (internet), karena cara informasi disimpan dan diakses, lingkup komunitas itu bakal melebar,” ujarnya. Konsep "menembus jarak" itu kemudian menjadi dasar jejaring sosial semacam Facebook.

Baca: Begini Cara Bill Gates Menyamar Saat Jalan-jalan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com