Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tahun "Drop Out", Zuckerberg Tetap Dapat Gelar dari Harvard

Kompas.com - 08/03/2017, 19:06 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sekitar 12 tahun lalu, tepatnya pada akhir 2005, Mark Zuckerberg memutuskan fokus menggarap Facebook hingga akhirnya dikeluarkan alias dropped out (DO) dari Harvard University, AS.

Pilihannya tak sia-sia, sebab kini Facebook menjadi layanan sejuta umat dengan nilai hampir 400 miliar dollar AS atau sekitar Rp 5.333 triliun.

Zuckerberg pun pada akhirnya bisa menerima gelar dari Harvard University setelah belasan tahun DO. Gelar itu bukanlah gelar sarjana Ilmu Komputer yang merupakan disiplin ilmu Zuckerberg ketika kuliah.

Baca: Cerita di Balik Pencitraan Mark Zuckerberg

Gelar yang dimaksud bahkan lebih tinggi dan jarang diterima orang, yakni gelar kehormatan untuk individu yang dianggap mampu membawa perubahan. Hal ini diketahui dari situs resmi Harvard University.

"Kepemimpinan Mark Zuckerberg mampu mengubah cara bersosialisasi di seluruh dunia. Penemuan setelah Facebook kemudian memberi dampak lebih jauh tentang bagaimana masyarakat berinteraksi satu sama lain," kata President Harvard University, Drew Fraust, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (8/3/2017) dari TheVerge.

Selain soal kepemimpinannya sebagai pendiri sekaligus CEO Facebook, Zuckerberg juga dianggap inspiratif karena kegiatan filantropisnya. Ia bersama sang istri, Priscilla Chan, mendirikan yayasan untuk menghimpun pendanaan dan melaksanakan program-program kemanusiaan.

Jika diamati, pendiri perusahaan teknologi kawakan memang banyak yang DO dari kuliah. Beberapa di antaranya adalah pendiri Apple, Steve Jobs dan pendiri Microsoft, Bill Gates.

Jobs DO dari Reed College sebelum mendirikan Apple bersama rekannya, Steve Wozniak, pada 1976. Sementara itu, Bill Gates DO dari Harvard University setelah kuliah dua tahun untuk mendirikan Microsoft bersama Paul Allen.

Baca: Mengapa Ketik @[4:0] di Facebook Memunculkan Nama Mark Zuckerberg?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com