Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Kantor Baru Google Mirip Tenda Raksasa

Kompas.com - 09/03/2017, 10:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Para raksasa teknologi Silicon Valley agaknya gemar membikin bangunan kantor yang tampak nyeleneh. Setelah Apple dengan kantor piring terbangnya, kini giliran Google mengungkapkan rancang bangun calon kantor baru.

Rancangan tersebut dihadirkan dalam sesi public hearing pada 7 Maret kemarin dalam rangka memperoleh izin konstruksi.

Dikerjakan oleh Heatherwick Studio dan Bjarke Ingels Group Danish, calon kantor baru Google berbentuk mirip tenda raksasa dengan kanopi besar yang menaungi kompleks bangunan.

Baca: Pesawat Luar Angkasa Apple Segera Beroperasi

Kanopi itu yang dilapisi panel surya itu bukan sekadar hiasan. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Kamis (9/3/2017), fungsinya konon untuk mengatur suhu bangunan, memeriksa kualitas udara, dan mengontrol suara.

Google Lantai pertama kantor baru Google rencananya akan dibuka untuk publik. Sementara, para karyawan Google berkantor di lantai dua.
Serangkaian panel surya untuk menghasilkan listrik secara mandiri juga menutupi permukaan kanopi. Ada juga celah-celah di atap yang dirancang untuk menerangi interior dengan cahaya matahari.

Luas bangunan “kampus” bernama Charleston East tersebut bakal mencapai lebih dari 180.000 meter persegi (18 hektar). Tingginya dua lantai dan rencananya akan dibangun di dekat Googleplex, Mountain View, tempat Google berkantor saat ini.

Google sendiri sudah berancang-ancang membangun Charleston East sejak dua tahun belakangan. Bangunan itu nantinya akan menjadi proyek konstruksi gedung kantor pertama dari Google yang dibikin dari nol.

Google Salah satu ilustrasi lain memperlihatkan mobil swa kemudi Google (kiri) terparkir di luar kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com