Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan Robot Asisten Rumah Tangga LG

Kompas.com - 09/03/2017, 15:33 WIB
Krisiandi

Penulis

JEJU, KOMPAS.com - Raksasa elektronik Korea Selatan, LG terus mengembangkan ekosistem rumah pintar yang berbasis Internet of Things (IoT).

Di ajang LG Innovation Festival Asia 2017 yang dihelat di Pulau Jeju, Korea Selatan, LG menambah perangkat IoT untuk rumah pintar, salah satunya Robot Hub.

Robot ini dikonsep sebagai asisten pemilik rumah dan bisa diperintah sang pemilik. Misalnya, untuk menyalakan AC atau menjalankan mesin cuci.

Robot Hub memiliki layar yang bisa menampilkan mimik muka senang, sedih atau senang, dan kecewa. Di layar, Robot Hub berkemampuan memperlihatkan isi kulkas, bahkan resep yang ditunjukkan melalui suara dan gambar.

Robot Hub juga bisa menghibur keluarga dengan cara memutar musik, menyetel alarm, mengingatkan memo, serta menyampaikan kondisi cuaca dan lalu lintas terbaru.

LG Robot Hub pun dapat berinteraksi dan menghibur keluarga. Selain itu, robot pintar ini bisa melacak aktivitas di dalam rumah, menjaga rumah pada saat anggota keluarga pergi atau tidur.

Hub Robot ini juga bisa membedakan wajah anggota keluarga dengan kamera yang memungkinkan untuk menyampaikan salam yang berbeda untuk masing-masing anggota keluarga.

"Robot ini bisa dijadikan asisten yang baik untuk pengguna," ujar Direktur Cloun Center LG Eugene Yoo di LG Innovation Festival Asia 2017 di International Convention Center, Jeju, Selasa (7/3/2017).

Yoo mengatakan, Robot Hub adalah robot pintar yang bisa terkoneksi dengan peralatan rumah tangga. Misalnya, dengan kulkas InstaView Door-in-Door. Selain itu juga dengan vacuum cleaner Cord Zero yang bisa bergerak sendiri membersihkan ruangan. 

Kompas.com/Krisiandi LG Smart refigerator saat dipamerkan di LG InnoFest 2017 di International Convention Center Jeju, Korea Selatan, Selasa (7/3/2017).


Kulkas ber-Windows 10

Kulkas InstaView Door-in-Door yang beroperasi dengan Windows 10 ini menyertakan layar LCD sentuh 29 inch di salah satu pintunya.

Di layar pengguna bisa terkoneksi dengan internet. Kulkas ini bisa menjalankan sejumlah aplikasi di Windows 10 store, seperti Allrecipes, Pandora dan Netflix.

Jadi, Anda bisa melihat resep, mendengarkan musik dan menonton film di pintu kulkas, selain membaca berita dan browsing di internet. 

Kulkas juga terpasang kamera dengan lensa super lebar 2,0 megapiksel yang mampu menangkap beberapa bagian dalam kulkas.

"Pengguna bisa melihat isi dalam kulkas dari supermarket saat berbelanja, siapa tahu lupa apa yang masih tersedia di dalam kulkas dan apa yang sudah habis," kata Yoo.

Kulkas ini juga bisa mengaplikasikan mode hemat daya saat pengguna sedang tidur atau jauh dari rumah, juga mendeteksi pergeseran kelembaban dan suhu.

"Robot Hub baru kami dan Smart InstaView Pintu-in-Door ™ kulkas akan membawa seluruh rumah tangga bersama-sama melalui konektivitas cerdas dan teknologi," kata Song Dae-hyun, presiden LG Electronics Home Appliance & Air Solutions Company.

"Fleksibilitas dan kegunaan yang ditawarkan oleh produk cerdas rumah kami diatur untuk memaksimalkan kekuatan dan manfaat dari teknologi pintar di rumah dan di luar. Sudah diakui sebagai pelopor IOT, LG akan terus berinovasi untuk memperkuat posisi kami di garis depan pasar yang dinamis."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com