Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blackberry Bikin Aplikasi Anti Pengintip

Kompas.com - 12/03/2017, 11:57 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Adakalanya pengguna ponsel khawatir orang lain di dekatnya bisa melihat berbagai aplikasi atau pesan yang sedang dibuka. Kekhawatiran seperti ini sekarang sudah ada solusinya.

Blackberry membuat sebuah aplikasi unik yang bergunan mengamankan isi ponsel dari intipan siapapun di sekitar Anda. Aplikasi ini diberi nama Privacy Shade dan bisa dipakai oleh smartphone bersistem operasi Android.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (11/3/2017), Privacy Shade berfungsi layakanya sebuah tirai. Pengguna bisa memakainya untuk menggelapkan sebagian layar, sedangkan sebagian kecil lainnya dibuat tetap terang agar bisa dibaca.

Pengguna pun bisa mengendalikan bagian mana yang gelap dan bagian mana yang tetap terang. Dengan cara seperti ini, siapapun yang berada di dekat Anda akan kesulitan mengintip informasi yang sedang tampil di smarpthone.

Privacy Shade hanya bisa digunakan oleh smartphone bersistem operasi Android 5.0 ke atas. Jika menggunakan smartphone Android 7.0 Nougat, pengguna bakal bisa meletakkan aplikasi ini ke dalam menu Quick Setting.

Aplikasi ini bisa dipasang di berbagai smartphone yang memakai sistem operasi Android, meski tidak semuanya cocok. Sebagai contoh, dua smartphone yang dicoba KompasTekno, yakni Asus Zenfone 3 Max dan Xiaomi Redmi Note 3 tidak bisa memakai Privacy Shade.

Selain itu, berbagai smartphone Blackberry yang menggunakan sistem operasi Android bakal bisa memakai aplikasi ini. Misalnya Blackberry Priv, DTEK50, DTEK60, atau KeyOne yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Anda bisa mengunduh Privacy Shade dengan mengklik tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com