Minggu, 26 Maret 2017

Intel Resmikan Seri Prosesor Core Generasi Ke-7 di Indonesia

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Country Manager Intel Indonesia, Harry Nugraha menunjukkan prosesor Intel Core Generasi ke-7 saat peluncuran di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2017). Seri prosesor Core-i generasi ke-7 menggunakan arsitektur baru bernama Kaby Lake yang dibuat dengan proses fabrikasi 14 nm dan menawarkan peningkatan kinerja, baik dari aspek performa CPU maupun pengolah grafis (GPU) terintegrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya sempat beredar lewat produk komputer dari sejumlah pabrikan, seri prosesor terbaru Core-i generasi ke-7 dari Intel akhirnya diresmikan di Indonesia lewat sebuah acara peluncuran di Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Seri prosesor Core-i generasi ke-7 menggunakan arsitektur baru bernama "Kaby Lake" yang dibuat dengan proses fabrikasi 14 nm dan menawarkan peningkatan kinerja dibanding generasi sebelumnya, baik dari aspek performa CPU maupun pengolah grafis (GPU) terintegrasi.

Country Manager Intel Indonesia Harry Nugraha mengatakan prosesor Intel Core-i generasi ke-7 sebenarnya sudah mulai dipasarkan di Indonesia lewat beberapa produk komputer pada tahun lalu.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Country Manager Intel Indonesia, Harry Nugraha (kiri) saat peluncuran prosesor Intel Core Generasi ke-7 di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2017). Seri prosesor Core-i generasi ke-7 menggunakan arsitektur baru bernama Kaby Lake yang dibuat dengan proses fabrikasi 14 nm dan menawarkan peningkatan kinerja, baik dari aspek performa CPU maupun pengolah grafis (GPU) terintegrasi.

Hanya saja, dia mengatakan para vendor komputer yang menjadi rekanan Intel membutuhkan waktu untuk menyiapkan produk masing-masing agar siap di pasaran.


Advertisment

"Jadi, hari ini kami ingin memperlihatkan bahwa semua produknya sudah ready dari desktop sampai notebook. Begitu juga lini prosesornya, dari Pentium, Core i3, sampai Core i5, dan Core i7," kata Harry saat ditemui usai acara.

Berdasarkan keterangan dari Intel, saat ini sudah ada 65 tipe laptop dan komputer 2-in-1 (tablet yang bisa berubah menjadi laptop) yang menggunakan prosesor Core-i generasi ke-7. Produk-produk itu datang dari para vendor rekanan Intel, yakni Acer, Asus, Dell, Lenovo, dan MSI.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Country Manager Intel Indonesia, Harry Nugraha saat peluncuran prosesor Intel Core Generasi ke-7 di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2017). Seri prosesor Core-i generasi ke-7 menggunakan arsitektur baru bernama Kaby Lake yang dibuat dengan proses fabrikasi 14 nm dan menawarkan peningkatan kinerja, baik dari aspek performa CPU maupun pengolah grafis (GPU) terintegrasi.

Model prosesor desktop yang tersedia mencakup lini Core i3-7100, Core i3 7300, Core i3-7350K, Core i5-7400, Core i5-7500, Core i5-7600, Core i5-7600K, Core i7-7700, dan Core i7-7700K. Banderol harganya di pasaran berada di kisaran Rp 1,6 juta hingga Rp 5,1 juta untuk model Core i7 tertinggi.

Selain itu, Harry mengatakan Intel akan turut memasarkan seri prosesor entry level Pentium G yang juga telah menggunakan arsitektur Kaby Lake di Indonesia.

Berbeda dari seri Pentium sebelumnya, Pentium "Kaby Lake" diperkuat teknologi HyperThreading sehingga memiliki empat logical thread dari dua core CPU fisik.

Baca: Antisipasi AMD Ryzen, Intel Mulai Pangkas Harga

Penulis: Oik Yusuf
Editor : Deliusno
TAG: