Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 "Mirrorless" Baru Fujifilm Segera Dijual di Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 16/03/2017, 08:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada ajang Fujikina awal 2017, kamera mirrorless Fujifilm X-T20 dan X100F akan segera dijual di Indonesia. Fujifilm akan menggelar acara peluncuran di Indonesia pada 18 Maret mendatang.

X-T20 adalah kamera mirrorless papan tengah yang meneruskan model sebelumnya, X-T10. Fujifilm menerapkan sejumlah pembaruan pada X-T20, seperti sensor 24 megapiksel dan chip pengolah gambar yang sama dengan milik kamera flagship X-T2.

Fujifilm turut membekali X-T20 dengan layar sentuh berukuran 3 inci yang bisa ditekuk ke atas dan ke bawah dalam orientasi landscape. Layar ini bisa dipakai untuk memilih titik AF yang aktif dan navigasi preview foto.

Adapun X100F sebenarnya termasuk dalam kategori premium compact, namun sering diasosiasikan dengan lini mirrorless X-Series Fujifilm.

X100F merupakan model keempat dari lini kamera X100 yang mempertahankan lensa fixed Fujinon 35 mm F2. Namun jeroannya dirombak hingga kini mencakup sensor dan chip pengolah gambar yang sama dengan model X-T20, X-T2, dan X-Pro2.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampak depan Fujifilm X100F. Lampu LED AF-Assist kini dipindahkan menjadi sejajar dengan unit flash.

Fitur ekstra lain yang ikut disematkan pada X100F mencakup joystick untuk memilih titik AF yang aktif, command dial kedua, serta kenop ISO yang menyatu dengan shutter speed dial seperti milik X-Pro2.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KompasTekno dari pihak Fujifilm Indonesia, X-T20 akan dijual dengan harga Rp 14,5 juta untuk versi kit dengan lensa Fujinon XC 16-50 mm F3.5-5.6 OIS II, termasuk bonus lensa pancake XF 27 mm F2.8.

Selain itu ada juga versi kit dengan lensa Fujinon XF 18-55 mm F2.8-4.0 OIS yang dibanderol Rp 17 juta, juga termasuk bonus lensa pancake XF 27 mm F2.8. Sementara kamera X100F dihargai lebih tinggi di angka Rp 18 juta.

Mirrorless ketiga yang juga akan dijual Fujifilm dalam waktu bersamaan adalah GFX 50S. Produk ini merupakan kamera dengan sensor medium format beresolusi 51,4 megapiksel. Harganya di Indonesia masih belum diungkapkan.

Baca: Fujifilm, Dulu dan Sekarang

Oik Yusuf/Kompas.com Kamera mirrorless medium format Fujifilm GFX 50S

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com