Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4G Telkomsel Rambah 154 Kota dan Kabupaten di Sumatera

Kompas.com - 17/03/2017, 10:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

LAMPUNG, KOMPAS.com - Telkomsel resmi membuka akses jaringan 4G LTE untuk pelanggannya di wilayah pulau Sumatera. Akses tersebut bisa diperolah di 154 ibukota kabupaten di pulau tersebut.

Dua di antara 154 ibukota kabupaten yang sudah mendapat 4G itu di antaranya adalah Jambi dan Lampung.

"Alhamdulillah, hari ini kami telah meresmikan 4G LTE di seluruh ibukota kabupaten Sumatera," ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam acara peresmian yang berlangsung di Kalianda, Lampung Selatan, Jumat (17/3/2017).

Ririek menambahkan, koneksi internet cepat di seluruh ibukota kabupaten Sumatera itu ditangani oleh 2.000 unit base transceiver station (BTS) 4G. Jumlah BTS ini rencananya akan ditambah sesuai dengan kebutuhan di masing-masing area.

"Dengan peresmian ini, sekarang 4G Telkomsel sudah menjangkau 200 ibukota kabupaten, termasuk Sabang sampai Merauke. Jadi sudah dari ujung ke ujung, dan kami akan memperluas jangkauannya hingga mencakup seluruh ibukota kabupaten yang totalnya 400 wilayah," imbuhnya.

Saat ini tercatat bahwa Telkomsel memikiki lebih dari 48 juta pelangan di area Sumatera. Sekitar 23 juta di antaranya merupakan pengguna layanan data, dengan total 4,5 juta pelanggan sudah menggunakan layanan 4G LTE.

Perusahaan mencatat bahwa penggunaan layanan data di wilayah ini meningkat 135 persen. Rata-rata penggunaan terbesar adalah untuk akses dan aktivitas di media sosial, video, serta pesan instan.

Sekadar diketahui, untuk bisa merasakan jaringan 4G, pengguna layanan seluler Telkomsel mesti memakai ponsel yang mendukung konektivitas 4G dan menukar kartu SIM-nya dengan versi yang mendukung 4G.

Baca: Telkomsel dan Nokia Uji Coba Ekosistem IoT di Jaringan 4G

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com