Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut iPhone 7 di Indonesia Akan Diresmikan Langsung oleh Apple

Kompas.com - 17/03/2017, 13:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Operator seluler Smartfren menjadi rekanan resmi Apple dalam merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di Indonesia. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys.

"(Smartfren) Official telco partner, bukan sekadar bundling," kata Merza saat dihubungi KompasTekno, Jumat (17/3/2017). "Bahkan bundling bukan obyek partnership (Apple)," imbuhnya.

Lebih lanjut, Merza mengatakan ini pertama kalinya bagi Apple, bersama rekanan operator seperti Smartfren, merilis langsung iPhone di pasar Indonesia.

"Ini adalah pertama kali pihak iPhone secara resmi me-launching iPhone di Indonesia," kata Merza. "Dan mereka menggandeng Smartfren sebagai telco partnernya".

Baca: Inikah Harga iPhone 7 Resmi di Indonesia?

Sebelumnya, lini iPhone dipasarkan melalui program bundling operator atau premium reseller di Indonesia, seperti iBox dan Inifinte.

Belum diketahui apakah Smartfren menjadi satu-satunya operator seluler yang bakal merilis iPhone 7 di Indonesia atau tidak. Sejauh ini, belum ada informasi kesiapan operator seluler lain soal bundling iPhone 7 secara resmi.

Smartfren sendiri telah membuka sesi pemesanan (pre-order) untuk iPhone 7 melalui situs resminya di tautan berikut ini. Menurut situs resmi Smartfren, iPhone 7 bakal bisa dipesan mulai 24 Maret 2017.

Dengan ini, iPhone 7 masuk secara resmi ke pasar Indonesia. Sebelumnya, Apple mengalami kesulitan karena aturan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) ponsel 4G di Indonesia.

Aturan itu pulalah yang membuat Apple dan importir di Indonesia ketinggalan beberapa seri iPhone.

Baca: Adu Kencang iPhone 7 dan Galaxy Note 7, Siapa Menang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com