Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lika-liku iPhone 7 di Indonesia, dari Rp 25 Juta ke Rp 10 Jutaan

Kompas.com - 20/03/2017, 20:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber kompas.com

KOMPAS.com - Awal September 2016, Apple memperkenalkan duo smartphone iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Tak butuh waktu lama bagi kedua ponsel itu untuk masuk dan beredar di pasaran Indonesia.

Pada bulan yang sama, kios-kios ponsel di ITC Kuningan, Jakarta, sudah mulai menjajakan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Ketika itu, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang dijual bukan merupakan versi resmi dari distributor Apple di Indonesia.

Para pedagang memperoleh barang dari jalur lain yang umum dikenal dengan sebutan "BM" alias black market, entah dibawa hand carry secara perorangan dari negara tempat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sudah resmi beredar atau cara lain.

Banderol iPhone 7 dan iPhone 7 Plus BM ini pun terbilang fantastis. Satu unit iPhone 7 versi paling murah dengan memori internal 32 GB dihargai mulai belasan juta rupiah. Adapun harga iPhone 7 Plus 128 GB bisa menembus kisaran Rp 25 juta.

Baca: Harga iPhone 7 "BM" di Jakarta Tembus Rp 25 Juta

Apple memang terganjal aturan pemerintah soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 30 persen untuk smartphone 4G yang dijual di Indonesia. Produk ponsel terakhir yang masuk ke Tanah Air secara resmi adalah duo iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada 2015.

Bangun pusat riset

Titik terang kehadiran kembali iPhone secara resmi di Indonesia mulai muncul pada menjelang akhir tahun lalu.

Usai berbicara dalam pembukaan pameran Indocomtech 2016 di Jakarta, awal November, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan rencana Apple membangun tiga pusat riset dan pengembangan teknologi di Tanah Air.

Pembangunan pusat riset tersebut tak lain merupakan upaya Apple memenuhi persyaratan TKDN 30 persen lewat jalur komitmen investasi. "Tahun 2017 harus ada. Kalau tidak, mereka (Apple) tidak boleh dagang di Indonesia," ujar Rudiantara ketika itu.

Baca: 2017, Apple Dipastikan Bangun Pusat Riset di Indonesia

Secara terpisah, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan bahwa nilai investasi yang akan ditanam Apple dalam rangka membangun ketiga pusat riset mencapai 44 juta dollar AS atau setara Rp 588 miliar.

Pembangunan ketiga pusat riset Apple tersebut akan menjadi pintu masuk bagi iPhone untuk beredar kembali secara resmi di Indonesia.

"Comeback" iPhone

Tak lama setelah publikasi rencana Apple membangun pusat riset, muncul kabar bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bakal mulai dijual secara resmi di Indonesia pada 31 Maret mendatang.

Halaman:
Sumber kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com