Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal V-Mail, "E-Mail" yang Populer di Era Perang Dunia II

Kompas.com - 21/03/2017, 11:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Sebelum era surat elektronik (e-mail), pernah ada yang namanya V-Mail di zaman Perang Dunia II. V-Mail merupakan kependekan dari Victory Mail.

Ini adalah cara yang dipakai militer AS mengirim banyak surat, tetapi dijamin tak banyak makan tempat. Bisa dikatakan, V-Mail merupakan e-mail di zaman perang dulu.

Mengirim surat saat zaman Perang Dunia II memang populer. Bisa berupa surat resmi antar pemerintah, surat pribadi kerabat, atau keluarga tentara AS yang sedang berperang.

Jumlah surat yang dikirim pun dari ke hari semakin banyak. Militer AS merasa membutuhkan cara baru mengirim surat dalam jumlah besar, tetapi tetap menghemat tempat.

Solusinya adalah V-Mail ini. Seperti apa rupa V-Mail dan bagaimana cara mengirimnya?

Pakai microfilm

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (21/3/2017), militer AS bekerja sama dengan vendor kamera Eastman Kodak meluncurkan V-Mail pada 15 Juni 1942.

V-Mail kemudian menjadi metode utama berkomunikasi antara tentara di medan perang dengan keluarga di rumah.

Sebuah surat V-Mail ditulis dalam kertas biasa. Surat tersebut kemudian difoto dengan menggunakan rol microfilm. Nah, microfilm inilah yang dikirim, bukan surat dalam amplop.

Satu rol microfilm bisa menampung sekitar 1.600-an surat. Ukuran satu rol microfilm sendiri saat itu sebesar bungkus rokok.

Dengan cara ini, kargo surat seberat sembilan ton bisa dikurangi menjadi sembilan kilo saja. Surat-surat yang tadinya dikirim dalam 37 kantung saat itu bisa dikirim dalam satu kantung microfilm.

Setiap surat yang akan dijadikan microfilm juga harus melalui proses sensor. Proses ini dilakukan untuk menanggulangi bahaya spionase atau mata-mata.

Setelah microfilm dikirim, lantas bagaimana cara membacanya?

Microfilm yang sampai di tempat tujuan kemudian akan dicetak, seperti layaknya mencetak foto. Cetakan tersebut dibuat seukuran kertas yang huruf-hurufnya mudah terbaca.

Baca: World Wide Web Ulang Tahun Ke-28, Bapak Internet Khawatir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com