Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Larang Penumpang Pesawat dari 13 Negara Bawa "Gadget" ke Kabin

Kompas.com - 21/03/2017, 15:40 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) melarang penumpang pesawat dari 13 negara Afrika dan Timur Tengah membawa gadget dan benda elektronik ke dalam pesawat yang terbang langsung (direct) ke AS.

Informasi soal aturan baru tersebut disebar oleh US Transportation Safety Administration (TSA) melalui e-mail ke berbagai maskapai di Afrika dan Timur Tengah, Senin (20/3/2017) lalu.

Dikutip KompasTekno dari The Guardian, Selasa (21/3/2017), smartphone masih diperbolehkan dibawa masuk ke kabin pesawat. Namun, gadget yang lebih besar seperti laptop, tablet, atau kamera, harus dimasukkan ke bagasi tercatat (checked-in baggage).

Artinya, benda-benda elektronik yang lebih besar dari smartphone tidak bisa dibawa masuk ke kabin pesawat bersama penumpang, melainkan di kargo pesawat.

Tidak dijelaskan maskapai apa saja yang terimbas oleh aturan baru ini. Namun dua maskapai dari Arab, Royal Jordanian dan Saudia Airlines, sudah mengumumkan pelarangan ini. Maskapai memiliki waktu 96 jam untuk mematuhi dan memberlakukan peraturan baru tersebut.

Pejabat penerbangan di AS mengatakan bahwa aturan ini dibuat setelah timbul kekhawatiran terhadap penumpang-penumpang pesawat yang terbang non-stop ke AS dari negara-negara tertentu.

Pejabat tersebut menjelaskan bahwa ancaman kepada AS akan berkurang jika penumpang pesawat ditransfer melalui kota-kota sekunder lebih dahulu, dengan prosedur pemeriksaan yang lebih ketat.

Baca: Reaksi Bos-bos Perusahaan Teknologi AS Setelah Trump Serukan Anti-imigran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com