Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo: Pilih Smartphone, Jangan Melulu Utamakan Kemampuan Selfie

Kompas.com - 22/03/2017, 19:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemampuan selfie yang mumpuni sedang ramai dijadikan senjata andalan oleh sejumlah pabrikan smartphone.

Menanggapi tren tersebut, Lenovo Indonesia selaku pemegang brand Motorola berpendapat bahwa konsumen sebaiknya tidak hanya mencari kemampuan selfie dan mengesampingkan aspek lain dari smartphone seperti kinerja.

"Selfie oke, tapi orang pakai selfie itu berapa kali sih? Apakah terus-terusan? Kan tidak karena pada akhirnya konsumen juga chatting dan lain-lain," ujar 4P Manager Mobile Business Group Lenovo Indonesia, Anvid Erdian, usai acara peluncuran ponsel Motorola Moto M di Jakarta, Selasa (22/3/2017).

Anvid merasa konsumen bisa terjebak dengan promosi seputar selfie apabila produk yang bersangkutan tidak menyediakan kinerja mumpuni. Terlebih, menurut dia, konsumen Indonesia tergolong gemar memakai banyak aplikasi di ponsel.

Oik Yusuf/Kompas.com 4P Manager Mobile Business Group Lenovo Indonesia Anvid Erdian, dalam acara peluncuran ponsel Motorola Moto M di Jakarta, Selasa (22/3/2017).
Anvid mengutip data firma riset GfK yang menyebutkan bahwa pengguna smartphone Indonesia rata-rata menggunakan 25 aplikasi dari beragam jenis, dan aktif memakai aplikasi-aplikasi tersebut selama setidaknya satu jam dalam sehari.

"In the end, konsumen termakan ketika pakai smartphone kemudian merasa 'kok saya pakai aplikasi kurang maksimal'," kata Anvid.

Lantas seperti apa smartphone "selfie" yang ideal?

Jawaban Anvid sudah bisa ditebak, yakni Motorola Moto M besutan Lenovo sendiri. Menurut dia, ponsel yang dibekali kamera belakang 16 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel ini memiliki kemampuan selfie yang mumpuni.

Sementara, aspek kinerja tetap terjaga karena Moto M memiliki chipset MediaTek Helio P15 dengan prosesor octa core 2 GHz dan RAM 4 GB, sehingga diklaim mampu berpindah-pindah aplikasi dengan lancar tanpa "lag".

"Kami ingin menyadarkan konsumen Indonesia dengan Moto M. Jangan melulu cari selfie tapi performa melempem," kata Anvid. "Tapi bukan berarti tidak oke untuk selfie, bisa dicoba sendiri kemampuan selfie Moto M."

Baca: Kamera Selfie Oppo Bakal Hasilkan Bokeh Menawan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com