Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Kini Bisa Lacak Perjalanan Teman

Kompas.com - 22/03/2017, 20:58 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu pertanyaan yang paling sulit dijawab secara akurat adalah "kira-kira kapan Anda tiba di sini?". Pertanyaan itu hampir selalu dilontarkan ketika janjian dengan teman, keluarga, atau kekasih.

Anda mungkin akan menjawab "sekitar 15 menit" atau 30 menit, atau berapa menit pun itu. Padahal Anda sendiri tak mengetahui apa saja hambatan yang akan menghadang dalam perjalanan.

Nah, agar tak disebut "omong kosong", Google membantu Anda dengan menghadirkan fitur pembagian lokasi secara langsung alias real-time pada layanan peta digital Maps.

Google Google Maps bisa bagi lokasi secara real-time.
Ini adalah langkah lebih lanjut dari pembagian titik lokasi alias share-location, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (22/3/2017) dari keterangan pers Google.

Fitur pelacakan real-time ini bakal hadir di dua platform mobile populer, Android dan iOS.

Dengan kemampuan real-time, teman atau kekasih Anda bisa memantau perjalanan Anda secara langsung.

Mekanisme ini sama seperti ketika Anda memantau driver Go-Jek, Uber, atau Grab pasca melakukukan pemesanan alias order. Dengan begitu, teman bisa memahami kondisi Anda karena Anda pun tak bisa bohong.

Selain mempermudah komunikasi ketika janjian, fitur ini juga bisa menghapus keraguan Anda kepada pacar. Ketika Anda menanyakan keberadaan pacar dan pacar membagi lokasinya secara real-time, Anda bisa terus memantau hingga waktu yang ditentukan.

Lantas, bagaimana cara mengoperasikannya?

Pertama, cukup buka aplikasi Maps yang sudah diperbarui lalu pilih menu yang terletak di samping atau ketuk lingkaran kecil berwarna biru yang menunjukkan dimana Anda berada.

Selanjutnya ketuk “Berbagi Lokasi” (share location) lalu pilih orang yang akan Anda bagikan lokasi. Pastikan orang itu sudah terhubung sebagai kontak pada akun Google Anda.

Kemudian, atur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi. Anda bisa memilih dalam kurun menit hingga jam. Begitu durasi selesai, teman tak bisa lagi memantau lokasi Anda secara real-time.


Google Maps akan memberikan tautan yang harus Anda bagi ke teman pillihan melalui aplikasi chatting kesukaan, semisal WhatsApp atau Line.

Anda bisa tahu siapa saja dari teman pilihan Anda yang benar-benar memantau perjalanan Anda. Di layar aplikasi akan tampil sebuah ikon, tepatnya di atas kompas yang akan mengingatkan bahwa Anda sedang aktif berbagi lokasi. Anda juga dapat mengatur kapan harus berhenti berbagi lokasi, meski durasi yang disetel belum berakhir.

Fitur pembagian lokasi real-time ini bakal segera hadir di seluruh dunia secara bertahap. Pengguna di Indonesia dijanjikan kebagian giliran dalam beberapa pekan ke depan.

Baca: Google Maps Punya Fitur bagi yang Sering Lupa Tempat Parkir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com