Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Belakangan, F3 Bakal Jadi “Pahlawan” Oppo

Kompas.com - 24/03/2017, 11:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Oppo telah meresmikan kehadiran smartphone flagship barunya di Indonesia, F3 Plus. Smartphone yang diluncurkan dalam acara di Jakarta, Kamis (23/3/2017) itu dibekali fitur andalan berupa dua kamera seflie.

Dalam kesempatan yang sama Oppo turut mengumumkan rencana menghadirkan “adik” F3 Plus, yakni F3. Namun, tak seperti F3 Plus yang sudah bisa dipesan pekan ini, F3 baru akan melenggang ke pasaran pada bulan Mei mendatang.

Media Engagement Oppo Aryo Meidianto mengatakan pihaknya memang sengaja memperkenalkan Oppo F3 Plus lebih dulu sebelum F3.

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan publik Indonesia dengan teknologi terbaru Oppo yang berupa kamera selfie ganda sebelum dihadirkan pada F3. Nantinya, justru F3 lah yang akan dijadikan andalan untuk mendorong penjualan.

“Jadi, memang kami set ‘hero product’ itu F3, bukan F3 Plus. Dengan meluncurkan F3 Plus pertama ke pasaran kami ingin memfamiliarkan publik dengan dual selfie plus dulu,” ujar Aryo ketika ditemui usai acara.

Lantaran itu pula, kata Aryo, Oppo tak khawatir dengan harga F3 Plus yang relatif tinggi di kisaran Rp 6,5 juta. “Cakupan ‘kue’-nya memang lebih sedikit karena mahal. Nanti F3 dengan harga terjangkau akan lebih besar porsinya,” imbuh dia.

Baca: Smartphone Selfie Oppo F3 Plus Resmi Masuk Indonesia

Bakal lebih murah

Oppo menjanjikan harga F3 akan lebih murah dengan F3 Plus. Spesifikasi F3 bakal dipatok lebih rendah dibandingkan F3 Plus yang ditenagai Snapdragon 652 dan RAM 4 GB. Namun, Aryo menjanjikan teknologi kamera F3 akan identik dengan F3 Plus.

Kamera di ponsel F3 Plus terdiri dari 3 unit. Dua kamera di bagian depan memiliki resolusi dan lebar sudut pandang berbeda, yakni 16 megapiksel dan 8 megapiksel.

Kamera depan 16 megapiksel memiliki sudut pandang normal di kisaran 70 derajat untuk melakukan selfie invididual. Sementara, kamera selfie kedua yang memiliki resolusi 8 megapiksel dilengkapi lensa wide-angle selebar 120 derajat untuk keperluan wefie alias group selfie dengan orang lain.

Adapun unit kamera belakang memiliki resolusi 16 megapiksel dengan sensor Sony IMX 398 dan lensa berbukaan F1.7.

Menurut Aryo, strategi meluncurkan produk kelas atas terlebih dahulu sebagai perkenalan teknologi sebelum meluncurkan produk mainstream sebenarnya sudah lazim diterapkan oleh Oppo.

“Tahun lalu juga begitu. Kami meluncurkan produk F1 Plus dulu, sementara yang menjadi motor penjualan sebenarnya adalah F1S,” pungkasnya.

Baca: Belum Dirilis, Oppo F3 Plus Sudah Dipakai Raisa Selfie

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com