Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balita Selamatkan Nyawa Ibu Pakai Siri di iPhone

Kompas.com - 26/03/2017, 12:56 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Siri selama ini hanya dikenal sebagai asisten digital belaka. Tugasnya, membantu pengguna iPhone untuk mencatat janji, menyalakan alarm, menghubungi orang yang diinginkan pengguna, hingga membacakan pesan.

Siapa sangka, meski hanya kebetulan, Siri ternyata bisa juga menyelamatkan nyawa pemiliknya. Uniknya lagi, kisah penyelamatan itu melibatkan anak berusia 4 tahun.

Pada awal bulan Maret ini, Roman, nama anak tersebut, menemukan ibunya tergeletak di atas lantai. Ia pun diceritakan berusaha untuk membangunkan sang ibu.

Setelah berusaha sekian lama, sang ibu masih belum juga bangun. Kemudian, Roman menemukan iPhone ibunya, menekan tombol Home, dan, entah disengaja atau tidak, berhasil menyalakan fitur Siri.

Entah apa yang diperintahkan oleh Roman kepada Siri. Yang pasti, ia terhubung ke pusat gawat darurat 999 di Inggris.

"Halo, dengan polisi. Apa keadaan darurat Anda?" ujar penerima telepon, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Minggu (26/3/2017).

"Halo, saya Roman," kata sang anak.

Setelah itu, sang polisi menanyakan di mana ibu dari Roman. Mungkin, polisi wanita ini mengira bahwa Roman salah tekan atau menghubungi orang.

Lalu Roman menjelaskan bahwa ibunya tergeletak dan tak sadarkan diri.

"Ia tidak bangun," tutur Roman.

"Ibu! Itu tidak juga bekerja (tidak juga bangun)," celotehnya setelah diminta polisi untuk memanggil si ibu.

Setelah menyadari ada hal yang tidak tepat, polisi langsung menanyakan alamat. Roman pun untungnya bisa menjawab dengan tepat.

Polisi pun langsung mengirimkan informasi tersebut ke petugas. Sekitar 13 menit kemudian, paramedik tiba di alamat tersebut.

Benar saja, paramedik menemukan ibu dari Roman tergeletak. Sontak, sang ibu diberikan pertolongan pertama dan langsung dibawa ke rumah sakit. Untungnya, nyawanya masih tertolong.

Meski terdengar kebetulan belaka, Siri setidaknya sudah berhasil menyelamatkan satu nyawa. Pelajaran yang bisa dipetik, pembuat asisten digital sebaiknya membuat sebuah fitur yang bisa diakses dengan mudah oleh anak-anak ketika ada dalam keadaan darurat seperti kisah Roman di atas.

Percakapan Roman dan polisi sendiri dapat dilihat di video bagian bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com