Mau Punya MacBook, Cukup Sediakan iPhone atau iPad - Kompas.com

Mau Punya MacBook, Cukup Sediakan iPhone atau iPad

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 28/03/2017, 11:11 WIB
Apple Apple bikin paten aksesori hardware berupa laptop dengan hosting iPhone

KOMPAS.com - Apple mengajukan paten terbaru, yakni sebuah aksesori hardware yang menggabungkan iPad atau iPhone untuk menjadi laptop super tipis.

Bentuk dasar aksesori tersebut seperti laptop dengan layar besar, keyboard fisik, sambungan alias port, serta pad. Bedanya, aksesori itu tak bisa berfungsi tanpa host.

Dalam hal ini, iPhone atau iPad memiliki slot tempat untuk disematkan ke aksesori. Fungsi iPhone atau iPad ini berperan sebagai CPU.

Ditilik dari patennya, aksesori ini agaknya bakal memiliki dua varian. Pertama, aksesori menyediakan slot iPhone pada bagian pad. Kedua, aksesori menyediakan slot iPad pada bagian layar.

Pengguna bisa memilih mau aksesori dengan slot yang mana, tergantung perangkat Apple mana yang dimilki. Intinya, dengan hanya memiliki iPhone dan aksesori ini, pengguna bisa seakan-akan memiliki MacBook.

Sama juga jika hanya memiliki iPad dan aksesori ini, pengguna bisa seakan-akan memiliki MacBook. Tak perlu memiliki iPhone dan iPad sekaligus.

Apple Apple bikin paten aksesori hardware berupa laptop dengan hosting iPad

Secara estetik, aksesori hardware ini memiliki material yang sama dengan MacBook, yakni berbalut aluminium kokoh, sebagaimana dilaporkan AppleInsider dan dihimpun KompasTekno, Selasa (28/3/2017).

Namun perlu diketahui, meski bentuk aksesori ini serupa MacBook, fungsinya tetap merujuk pada fungsi perangkat yang dimiliki, yakni iPhone atau iPad. Aksesori ini cuma membantu memberikan pengalaman menjajal MacBook secara fisik, bukan fungsi.

Mekanisme penyambungan fungsi antara host berupa iPhone atau iPad ke aksesori bisa dilakukan dalam beberapa kemungkinan yang belum dijabarkan secara lebih rinci.

Antara lain, keterhubungan bisa melalui port Lightning atau Smart Connector. Bisa juga dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth.

Paten ini masih bisa dikembangkan lebih lanjut. Intinya, ide dasarnya adalah Apple ingin mengekspansi fungsi perangkat mobile bersistem operasi iOS agar bisa berperan sebagai sebuah laptop.

Kita tunggu saja realisasinya akan seperti apa.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM