Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Mengaku Bakal Jual Galaxy Note 7 Rekondisi

Kompas.com - 29/03/2017, 09:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Februari lalu, Samsung membantah kabar yang menyebut Galaxy Note 7 rekondisi alias refurbished bakal dijual ke negara-negara tertentu. Sekitar sebulan berselang, pabrikan Korea Selatan tersebut akhirnya membenarkan rumor yang beredar.

"Tujuan dari perangkat rekondisi ini semata-mata mengurangi dampak buruk ke lingkungan," kata perwakilan Samsung, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Rabu (29/3/2017).

Ada tiga tahap yang dilakukan dalam rangkaian proses rekondisi Galaxy Note 7. Pertama, menyelamatkan komponen yang tidak berbahaya dari seri tersebut, yakni modul kamera dan semikonduktornya.

Kedua, mengekstraksi bagian logam dengan bantuan dari perusahaan pihak ketiga yang ramah lingkungan alias eco-friendly. Terakhir, menjual ponsel yang sudah direkondisi ke negara-negara yang regulasinya memperbolehkan.

Sejauh ini belum disebutkan negara mana saja yang bakal jadi sasaran Samsung untuk memasarkan Galaxy Note 7 rekondisi. Pasalnya, sekarang Samsung masih berdiskusi dengan para regulator di beberapa negara.

Sebelumnya, negara yang digembar-gemborkan bakal menerima Galaxy Note 7 rekondisi adalah negara berkembang semacam India dan Vietnam. Belum jelas apakah Indonesia termasuk negara sasaran Samsung atau tidak.

Yang jelas, Samsung menegaskan Amerika Serikat tak bakal jadi sasaran pasar untuk ponsel rekondisi ini. Perwakilan Samsung juga mengindikasikan bahwa Galaxy Note 7 rekondisi bisa saja diubah namanya.

"Hal-hal lebih lanjut soal produk (Galaxy Note 7 rekondisi), termasuk nama, spesifikasi, dan kisaran harga, akan diumumkan ketika perangkat ini tersedia. Samsung yang jelas tak akan menawarkan ponsel rekondisi di Amerika Serikat," perwakilan Samsung menegaskan.

Diketahui, tak kurang dari 4,3 juta unit perangkat Galaxy Note 7 terhimpun saat ini. Jika dibuang begitu saja, limbah yang dihasilkan bakal berdampak buruk pada lingkungan.

Untuk itu, salah satu langkah mereduksi dampak lingkungan adalah dengan merekondisi ponsel yang ditarik dari pasaran karena rawan meledak tersebut. Selain untuk lingkungan, penjualan Galaxy Note 7 rekondisi digadang-gadang bisa memperkecil angka kerugian Samsung akibat penarikan produk pada akhir tahun lalu.

Baca: Samsung Jual Murah Galaxy Note 7 yang Direkondisi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com