Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggu Galaxy S8 Meluncur, Ini Bocoran yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 29/03/2017, 13:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Tak lama lagi, dunia teknologi akan menyambut kedatangan Galaxy S8 dengan gegap gempita. Samsung bakal mengadakan acara peluncuran pada Rabu (29/3/2017) pagi di New York, AS atau Kamis (30/3/2017) dini hari WIB.

Smartphone masa depan besutan Samsung tersebut boleh dikata merupakan salah satu produk gadget yang paling ditunggu tahun ini

Mungkin lantaran itulah, bocoran-bocoran mengenai Galaxy S8 sudah banyak beredar jauh sebelum perangkatnya sendiri benar-benar diluncurkan. Aneka bocoran yang muncul mengenai Galaxy S8 terbilang lebih ramai dari model-model Galaxy S sebelumnya.

Sosok Galaxy S8 pun seakan tidak misterius lagi, karena sudah dikupas habis oleh segala macam rumor. Berdasarkan itu, ada sejumlah fitur dan kemampuan baru yang diduga kuat akan muncul pada Galaxy S8, Berikut beberapa di antaranya.

1. Jeroan baru

Jelas, sebagai penerus tongkat estafet seri ponsel Galaxy S yang terkenal, Galaxy S8 kabarnya akan dibekali hardware lebih bertenaga. Seperti sebelumnya, jantung Galaxy S8 kemungkinan bakal ditenagai prosesor Snapdragon 835 atau Exynos 8895 yang dipadu RAM 4 GB.

2. "Infinity display"

Samsung disinyalir menyiapkan rancangan kaca khusus bernama "infinity display" untuk Galaxy S8. Layar yang sisi kiri dan kanannya melengkung ini konon mampu memaksimalkan pemakaian tempat sehemat mungkin. Galaxy S8 pun sanggup memampatkan layar lebih besar, 5,8 inci ke bodi seukuran Galaxy S7, padahal ukuran tubuh kedua ponsel relatif mirip.

3. Asisten (lebih) pintar

Teknologi asisten digital terbaru Samsung, Bixby, baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu dan disinyalir akan melakukan debut di Galaxy S8.

Bixby adalah digital asisten digital berbasis kecerdasan buatan (AI) yang diklaim lebih pintar daripada teknologi sejenis macam Siri. Bixby juga disebutkan bisa mengenali konteks percakapan dengan pengguna dan mampu mengenali perintah, bahkan sebelum pengguna selesai memasukkan input.

4. Kenali wajah

Teknologi pemindai iris mata Samsung muncul perdana di Galaxy Note 7. Sayang, kegagalan ponsel tersebut turut menenggelamkan fitur unik yang satu ini. Samsung kabarnya telah melangkah lebih jauh dan menerapkan fitur keamanan ekstra dengan membuat ponsel yang mampu mengenali seluruh wajah pengguna, untuk penjagaan keamanan.

5.Tak ada tombol "Home"

Tombol fisik home yang selama ini menjadi ciri khas ponsel seri Galaxy S, disinyalir bakal lenyap di Galaxy S8. Ada beberapa dugaan terkait hal ini, misalnya terkait pemakaian tempat tombol fisik yang dikorbankan demi bisa memasang layar dengan ukuran lebih besar dibanding sebelumnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com