Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Lacak Perjalanan Teman di Google Maps Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 30/03/2017, 09:32 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Fitur berbagi lokasi (share location) Google Maps kini bisa digunakan di Indonesia. Fitur yang satu ini dapat membantu pengguna untuk berbagi lokasi atau melacak perjalanan teman via aplikasi peta milik Google tersebut.

Seperti apa sebenarnya fitur pelacak teman ini? Bayangkan skenario seperti ini. Anda sedang janjian dengan seorang teman. Kemudian, si teman mengajukan sebuah pertanyaan yang mungkin sulit untuk dijawab, "Kira-kira kapan tiba di sini?".

Anda mungkin akan menjawab "Sekitar 15 menit" atau 30 menit, atau berapa menit pun itu. Padahal Anda sendiri tak mengetahui apa saja hambatan yang akan menghadang dalam perjalanan.

Nah, agar tak disebut "omong kosong", Google membantu Anda dengan menghadirkan fitur pembagian lokasi secara langsung, alias real-time pada layanan peta digital Maps.

Dengan kemampuan real-time, teman atau keluarga bisa memantau perjalanan Anda secara langsung.

Mekanisme ini sama seperti ketika Anda memantau driver Go-Jek, Uber, atau Grab pasca melakukukan pemesanan alias order. Dengan begitu, teman bisa memahami kondisi Anda karena Anda pun tak bisa bohong.

Cara pakai

Untuk menggunakan fitur tersebut, perbarui dulu aplikasi Google Maps Anda. Fitur share location secara real-time ini bisa digunakan di iOS dan Android.

Google Google Maps bisa bagi lokasi secara real-time.
Oleh karena itu, kunjungi tautan berikut untuk mendapatkan Google Maps terbaru di Google Play Store. Sementara itu, pengguna iOS, silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Setelah diperbarui, silahkan buka aplikasi Maps. Lalu pilih menu burger (tiga garis) yang ada di pojok kiri atas atau ketuk lingkaran kecil berwarna biru yang menunjukkan di mana Anda berada.

Selanjutnya ketuk “Berbagi Lokasi” (share location) lalu pilih orang yang akan Anda bagikan lokasi. Pastikan orang itu sudah terhubung sebagai kontak pada akun Google Anda.

Kemudian, atur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi. Anda bisa memilih dalam kurun menit hingga jam. Begitu durasi selesai, teman tak bisa lagi memantau lokasi Anda secara real-time.

Google Maps akan memberikan tautan yang harus Anda bagi ke teman pillihan melalui aplikasi chatting kesukaan, semisal WhatsApp atau Line.

Anda bisa tahu siapa saja dari teman pilihan Anda yang benar-benar memantau perjalanan Anda. Di layar aplikasi akan tampil sebuah ikon, tepatnya di atas kompas yang akan mengingatkan bahwa Anda sedang aktif berbagi lokasi.

Anda juga dapat mengatur kapan akan berhenti berbagi lokasi, meski durasi yang disetel belum berakhir.

Selamat mencoba!

Baca: Google Maps Punya Fitur bagi yang Sering Lupa Tempat Parkir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com