Kenapa Galaxy S8 dan S8 Plus Tak Usung Kamera Ganda? - Kompas.com

Kenapa Galaxy S8 dan S8 Plus Tak Usung Kamera Ganda?

Oik Yusuf
Kompas.com - 30/03/2017, 11:12 WIB
Oik Yusuf/KOMPAS.com Kamera dan sensor sidik jari berdampingan di punggung Samsung Galaxy S8 dan S8+

NEW YORK, KOMPAS.com - Smartphone masa kini mulai banyak mengusung fitur kamera ganda (dual camera). Entah untuk mempercantik selfie seperti yang dilakukan Oppo dan Vivo, memperkaya opsi pengambilan gambar dengan focal length berbeda seperti LG (wide angle) dan iPhone (tele), maupun menyediakan kamera dedicated untuk foto black and white (Huawei).

Tetapi, tidak demikian halnya dengan Samsung. Ponsel andalan baru dari pabrikan Korea Selatan ini, Galaxy S8 dan S8 Plus, dibekali teknologi kamera yang terkesan konvensional, yakni dengan satu kamera belakang (12 megapiksel) dan satu kamera depan (8 megapiksel) untuk selfie.

Samsung merasa belum perlu menerapkan teknologi kamera ganda di smartphone. Seung-min Choi, Product Planning Group Samsung, beralasan bahwa teknologi dual camera di smartphone sejauh ini masih belum matang.

"Sekarang teknologinya (kamera ganda) paling-paling masih berkutat di penyediaan dua lensa berbeda (wide-normal atau wide-tele). Karena itu, kami merasa masih belum ada benefit yang cukup untuk konsumen," ujar Choi kepada jurnalis KompasTekno, Oik Yusuf, saat ditemui seusai peluncuran di New York, AS, Rabu (29/3/2017).

Kendati demikian, Choi tak menutup kemungkinan bahwa di waktu yang akan datang, Samsung bakal turut mengadopsi teknologi kamera ganda di smartphone buatannya.

"Untuk saat ini kami masih fokus dengan fitur mendasar dari kamera. Nanti kalau (teknologi kamera ganda) sudah matang mungkin akan kami tanamkan, tapi kami masih terus menyempurnakan itu," imbuh Choi.

Galaxy S8 sendiri bukannya tidak punya kamera yang mumpuni. Ponsel andalan Samsung tersebut memiliki unit kamera utama dengan resolusi 12 megapiksel yang turut dibekali optical image stabilizer.

Galeri Foto: Melihat Galaxy S8 dan S8+ dari Dekat

Adapun kamera depannya memiliki resolusi 8 megapiksel dan untuk pertama kalinya mengusung teknologi autofocus yang bisa mendeteksi dan melacak fokus wajah pengguna.

Galaxy S8 dan S8 Plus akan mulai dijual di Indonesia lewat sesi pre-order yang dimulai pada 8 April mendatang. Banderol harganya dipatok di angka Rp 10,5 juta untuk Galaxy S8 dan Rp 12 juta untuk Galaxy S8 Plus.

Baca: Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM