Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September, Apple Mulai Rekrut Karyawan untuk Pusat Riset di BSD Tangerang

Kompas.com - 30/03/2017, 16:46 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apple sepakat membangun pusat riset di Green Office Park, BSD City, Tangerang, Banten. Di pusat riset ini, Apple nantinya akan mempekerjakan 400 tenaga lokal.

Hal ini disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai bertemu perwakilan Apple di kantornya, Kamis (30/3/2017).

"Mudah-mudahan September (2017) sudah mulai rekruitment 400 orang untuk direkrut di Apple," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis sore.

Pembangunan pusat riset ini merupakan bentuk komitmen Apple untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah. Aturan tersebut dibuat untuk para vendor yang hendak memasarkan produk smartphone 4G di Indonesia.

Vendor harus memenuhi TKDN sebesar 30 persen per awal 2017 ini. Jika tidak, izin pemasaran produk tak dikeluarkan. Cara pemenuhan TKDN bisa melalui beberapa cara, salah satunya komitmen investasi yang akhirnya dipilih Apple.

"Total (nilai investasinya) 44 juta dollar AS," ucap Airlangga.

Airlangga mengatakan, pusat riset yang dibangun Apple nantinya akan fokus mengembangkan berbagai aplikasi. Setelah pusat riset di BSD ini selesai, Apple akan membangun dua pusat riset lagi sesuai yang sudah disepakati.

Namun belum diketahui dimana dua pusat riset lainnya akan dibangun. Berkat komitmen ini, Apple akhirnya bisa memasarkan kembali lini iPhone setelah hampir dua tahun vakum.

Lini iPhone 7 dan 7 Plus sudah bisa dipesan sejak beberapa waktu lalu melalui situs belanja online Blibli, iBox, dan operator Smartfren.

Baca: iPhone 7 Sudah Bisa Dipesan, Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com