Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 9 Bakal Usung Teknologi Audio 3D?

Kompas.com - 03/04/2017, 14:33 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - HMD Global, pemegang lisensi merek Nokia saat ini diperkirakan akan merilis smartphone Nokia 9 dengan spesifikasi tingkat tinggi. Bocoran yang beredar menyebutkan bahwa salah satu spesifikasi tersebut berupa teknologi audio 3D.

Teknologi audio 3D yang dimaksud saat ini dikenal sebagai Nokia OZO Audio. Ini merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman mendapatan kesan ruangan saat mendengarkan file audio.

Nokia OZO Audio juga dapat bekerja berpasangan dengan pemindai posisi kepala penggunanya. Suara yang dihasilkan oleh smartphone Nokia 9 akan menyesuaikan posisi kepala pengguna saat digunakan untuk menyaksikan virtual reality (VR).

Fitur lain yang diuntungkan dari keberadaan teknologi ini adalah alat perekaman suara. Menggunakan Nokia OZO Audio, smartphone bisa merekam suara dalam bentuk 3D dan membedakan arah datang suara dengan memanfaatkan empat microphone atau lebih. Hasilnya berupa rekaman yang memiliki kesan kedalaman ruang.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (3/4/2017), selain teknologi audio, HMD Global bakal membekali Nokia 9 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 6 GB serta pilihan memori penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB.

Ada juga kamera ganda setajam 22 megapiksel dengan lensa buatan Carl Zeiss dan kamera selfie setajam 12 megapiksel. Bocoran juga mengungkap bahwa Nokia 9 kemungkinan bakal memiliki layar quad HD 5,5 inci, baterai 3.800 mAh, dan sistem operasi Android 7.1 Nougat.

Saat ini HMD Global diketahui berencana meluncurkan Nokia 5 pada April atau Juni 2017, dan  berikutnya menyusul Nokia 6 serta 7. Belum diketahui apakah mereka akan meluncurkan Nokia 9 dalam waktu berdekatan.

Lebih jelasnya mengenai Nokia OZO Audio dapat disaksikan dalam video di bawah ini atau melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com