Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bikin "Chip" Grafis Sendiri untuk iPhone dan iPad

Kompas.com - 05/04/2017, 15:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple kini sedang mengembangkan prosesor grafis miliknya sendiri. Rencananya prosesor tersebut bakal digunakan oleh iPhone dan iPad dalam kurun waktu dua tahun mendatang.

Informasi mengenai keputusan strategis Apple itu diketahui dari perusahaan desain chip, Imagination Technologies. Seperti diketahui, selama ini perusahaan desain itu adalah penyuplai prosesor grafis PowerVR yang dipakai di iPhone dan iPad.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (5/4/2017), Imagination Technologies mernyebarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa dalam waktu kurang dari dua tahun, Apple bakal berhenti memakai chip buatan mereka.

Perusahaan desain chip itu mengatakan alasan penghentian tersebut adalah Apple sedang mengerjakan prosesor grafis sendiri. Apple menganggap bahwa membuat prosesor grafis sendiri bakal membantu mereka mengendalikan mutu produk dan mengurangi ketergantungan terhadap pihak ketiga.

Bagi Imagination Technologies, keputusan Apple merupakan hantaman keras. Pasalnya hampir setengah dari pendapatan mereka diperoleh dari royalti desain prosesor grafis iPhone dan iPad yang dibayarkan oleh Apple.

Imagination Technologies sendiri telah mulai mengantisipasi pemutusan kerja sama dan langkah produksi Apple. Mereka meminta Apple memberikan bukti bahwa desain prosesor grafis buatannya tidak melanggar paten milik Imagination Technologies. Namun sejauh ini, Apple masih menolak permintaan tersebut.

Jika pernyataan Imagination Technologies mengenai rencana Apple benar, pengguna akan mulai melihat wujudnya dalam GPU dan CPU milik chipset seri A yang digunakan iPhone atau iPad edisi tahun depan.

Di sisi lain, jika prosesor grafis buatan Apple itu terwujud, bukan berarti semua hal bakal berjalan mulus. Ada kemungkinan perseteruan antara Apple dengan Imagination Technologies perihal desain yang dipakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com