Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik "Smartphone" Lipat Samsung? Tunggu 2019

Kompas.com - 06/04/2017, 06:53 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Samsung diketahui mengembangkan layar lipat untuk smartphone. Namun, teknologi tersebut kini masih terus dikembangkan dan baru akan siap dipasarkan pada 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti kepala dari Samsung Display, Kim Tae-woong, dalam sebuah wawancara dengan The Korea Herald.

“Karena display bezel-free penjualannya masih bagus, kami punya cukup waktu untuk mengembangkan layar lipat,” ujar Tae-woong.

“Teknologi ini diperkirakan akan matang pada 2019,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan pihak Samsung kini masih menikmati operating profit sebesar 20 persen dari penjualan panel display jenis bezel free.

Ketika penjualan handset bezel free mulai menurun nanti, barulah Samsung akan mengeluarkan layar lipat sebagai andalan berikutnya.

Di samping itu, Tae-woong turut mengatakan bahwa teknologi layar lipat masih harus disempurnakan dari segi teknis sehingga dinilai belum sempurna.

Samsung sebelumnya diketahui sudah beberapa kali memamerkan purwarupa layar lipat, termasuk di pameran Consumer Electronics Show 2013.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Rabu (5/4/2017) pabrikan Korea Selatan ini turut mematenkan desain layar lipat pada November tahun lalu.

Teknologi layar lipat rencananya akan diterapkan di gadget mobile seperti smartphone dan tablet.

Selain Samsung, pabrikan lain yang diketahui ikut mengembangkan teknologi serupa adalah Lenovo. Pada Juni 2016, Lenovo menunjukkan beberapa prototipe.

Namun, hingga kini, masih belum ada vendor yang siap memasarkan perangkat dengan layar lipat. 

Baca: Samsung Benarkan Ponsel Layar Lipat Segera Hadir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com