Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mastodon, Pesaing Twitter yang Gaet Ribuan Pengguna dalam Semalam

Kompas.com - 07/04/2017, 11:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pengguna yang kecewa dengan layanan jejaring sosial Twitter, kini ada layanan serupa bernama Mastodon. Jejaring sosial ini muncul dari hasil kekecewaan terhadap Twitter.

Adalah Euegene Rochko yang merasa timeline Twitter kini sudah berbeda. Timeline dengan algoritma baru mirip Facebook ini menampilkan posting berdasar kepopuleran.

Rochko pun mendesain ulang Twitter dengan menciptakan algoritma sendiri, lalu diberi nama Mastodon.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (7/4/2017), Mastodon adalah Twtter versi open-source yang identik dengan beberapa perbedaan.

Pertama, postingan bisa mencapai 500 karakter. Twitter sendiri membatasi postingan penggunanya hanya 140 karakter. Kedua, pengguna Mastodon bisa membuat posting tertentu menjadi private.

Nama Mastodon diambil dari nama band metal yang ia sukai. Temannya membuat logo berupa gajah purba yang imut sedang memegang smartphone dan tersenyum.

Rochko mulai membuat back-end Mastodon setahun yang lalu, setelah Twitter merilis algoritma baru yang tak lagi menampilkan posting berdasar urutan waktu (chronological feed).

Alih-alih membuat layanan yang menyatukan, Rochko membuatnya lebih seperti layanan e-mail atau RSS, yakni sistem distribusi yang memungkinkan orang-orang mengirim pesan publik ke siapa saja yang mereka ikuti di layanan.

Siapa saja bisa membuat server dan menjadi host, Mastodon bekerja di background untuk saling menghubungkannya.

Sudah enam bulan hadir

Sebenarnya, Mastodon telah dikenalkan oleh Rochko sejak enam bulan lalu. Dalam enam bulan pertama itu, sudah ada 24.000 pengguna Mastodon. Namun minggu lalu, jumlah pengguna Mastodon naik drastis.

Penyebabnya, Twitter baru saja meluncurkan update yang mengubah cara menampilkan balasan tweet. Netizen pun berbondong-bondong berlaih ke Mastodon. Dalam semalam, jumlah pengguna baru Mastodon mencapai ribuan.

Mastodon.social Situs Mastodon.social
Menurut mesin penghitung yang dipasang di situs Mastodon, dalam 48 jam, jaringan Mastodon tumbuh 73 persen, menjadi 41.000-an pengguna.

Jumlah pengguna sebanyak itu telah membuat nyaris 1 juta posting, menyebabkan beberapa fungsi di layanan Mastodon menjadi macet selama beberapa jam.

Pada Selasa (4/4/2017) lalu, Rochko memutuskan untuk menutup pendaftaran pengguna baru, hingga kualitas layanan Mastodon bisa dijamin bagi pengguna yang sudah mendaftar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com